Mudahnya Menyimpan Minyak Zaitun

NYATANYA, menyimpan minyak zaitun lebih mudah ketimbang minyak kelapa. Minyak zaitun bahkan disimpan dimana saja, yang menjaga kualitasnya tetap baik.

"Menyimpan minyak zaitun sangat mudah, cukup ditaruh di kamar bersuhu sejuk," jelas Chef Stefu Santoso, Chef of Amuz Gourmet Restaurant, kepada Okezone usai acara Borges Chef Cooking Competition 2012 di La Piazza, Kelapa Gading, Jakarta Utara, baru-baru ini.

Dia menegaskan, suhu terbaik untuk menyimpan minyak zaitun adalah 23 derajat Celcius agar kualitasnya tidak berubah. Biasanya, minyak zaitun yang dalam kemasan botol, diletakkan di ruangan terbuka restoran ataupun hotel yang telah ber-AC. Bila tidak ada AC, minyak zaitun juga tidak masalah di ruangan terbuka, tetapi pastikan jauh dari kondisi panas.

Mudahnya menyimpan minyak zaitun, bahkan minyak ini bisa digabungkan penyimpanannya dengan bahan makanan lain. Sebut saja, dicontohkan Chef Stefu, beras, tepung, kecap, saus, dan lainnya, tapi pastikan minyak zaitunnya ditutup rapat.

"Sebenarnya, tidak ada beda menyimpan minyak zaitun dengan minyak biasa. Minyak goreng tidak pernah disimpan dalam kulkas supaya tidak membeku. Minyak zaitun tidak masalah disimpan dalam kulkas ataupun di ruangan terbuka karena dikemas dalam botol," tutupnya.
(ftr)

0 comments:

Posting Komentar