Apa Itu Bawang Putih Hitam?

Johan Sompotan - Okezone
detail berita
(Foto:kaskus)
HAI, Chef. Perkenalkan, saya Hanifah (28). Saya beberapa kali menemukan bawang putih hitam saat menyantap masakan China. Pernah terpikir dalam benak saya, apa benar ada bawang putih hitam karena saya saya tidak pernah menemukannya di supermarket.

Saya mau bertanya, apa itu bawang putih hitam dan bagaimana cara saya membuatnya? Saya penasaran dengan cita rasanya yang bisa melezatkan masakan. Terima kasih atas jawabannya, Chef.
Hanifah-Permata Hijau

Jawab:
Memang, bawang putih hitam tidak ada atau tidak dijual di pasaran karena bawang putih hitam merupakan hasil fermentasi dari bawang putih yang sebenarnya bisa Anda buat sendiri. Bawang putih hitam hanyalah bisa dibuat dari bawang putih, tapi tidak bisa dari bawang merah karena cenderung mengandung banyak kadar air.

Untuk membuat bawang putih hitam, caranya cukup mudah, tapi memang membutuhkan waktu lama, sekira tiga bulan. Bisa dibuat dengan waktu lebih cepat, sekira 40 hari, tapi memang hasilnya kurang maksimal.

Caranya, bawang putih utuh dimasukkan ke oven. Kemudian, taruh bawang putih di dalam mangkuk stainless dan tutup dengan kertas aluminium Untuk membuat bawang putih hitam, Anda harus menaruh bawang putih di dalam mangkuk dalam jumlah banyak.

Setelah itu, panggang dengan suhu 25-30 derajat celcius atau api suhu sedang pada kompor selama 40 hari. Untuk mencegah perubahan suhu, lakukan pengecekan tiap empat atau lima hari.

Mengapa harus selama 40 hari? Agar dihasilkan kualitas bawang putih hitam yang maksimal; tidak ada perubahan pada warna selain cita rasa dan teksturnya yang bagus.
Chef Rosmawan
Sous Chef Hotel JW Marriott

0 comments:

Posting Komentar