Home » , , , , » Semerbak Aroma Dada Ayam Ikat Pandan

Semerbak Aroma Dada Ayam Ikat Pandan

Johan Sompotan - Okezone
detail berita
(Foto:Johan Sompotan)
MENGOLAH daging ayam memang banyak cara, mulai dikukus, direbus, ditumis, bahkan dimasak dengan rasa serba pedas. Namun, pernahkah Anda mencoba mengolah daging ayam dengan daun pandan?

Ketika menginjakkan kaki di Resto Madam Kwok, Menara Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Anda akan menemukan olahan daging ayam yang dibuat dengan daun pandan. Aroma daging ayam yang berada di dalam daun pandan begitu semerbak, dan ketika sampai di lidah, daun pandan ternyata memberikan cita rasa berbeda.

Dijelaskan Sous Chef Resto Madam Kwok, Chef Fajar Panggabean, guna mendapatkan aroma daun pandan, maka daging ayam yang digunakan adalah bagian dada. Dada ayam direndam dengan bumbu rahasia Madam Kwok, yang terdiri dari kecap asin, dark soy, bawang putih, bawang merah, dan sedikit rempah, lalu diikat dengan daun pandan. Ayam direndam semalaman lalu diikat dengan daun pandan dan digoreng.

Chef Fajar menambahkan, ayam harus direndam semalaman supaya bumbu benar-benar meresap. Sementara soal pemilihan dada ayam lantaran tingkat ketebalannya pas dan lebih cepat matang ketika dimasak. Menu juga bukan dibungkus daun pisang karena selain lebih cantik, daun pandan juga lebih mudah untuk mengikat ayam.

"Daun jagung juga enggak begitu bagus karena wanginya enggak ada," katanya kepada okezone.

Untuk mengetahui tingkat kematangan ayam ikat pandan, Anda bisa melihatnya pada keringnya daun pandan saat dimasak. "Kalau daunnya sudah mulai kering, itu berarti sudah matang karena dada ayam kan cepat matang. Tahu kering, caranya kita patahkan daunnya, lalu diangkat saja," tutupnya. (ftr)

0 comments:

Posting Komentar