Home » , , , » Cikal Bakal Kopi Indonesia dari Pulau Jawa

Cikal Bakal Kopi Indonesia dari Pulau Jawa

detail berita
(Foto: Getty Images)
KOPI di Indonesia banyak ragamnya, mulai dari wilayah Barat hingga Timur. Namun di balik kenikmatannya, kopi ternyata cikal bakal lahirnya kopi di Indonesia.

"Pulau Jawa itu cikal bakal kopi Indonesia karena pada awal mulanya kopi itu datang di Pulau Jawa," ucap Ina A. Murwani, Executive Director Asosiasi Kopi Spesial Indonesia, kepada okezone saat ditemui di Liberica Coffee, Pacific Place, SCBD, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Dijelaskannya, awal mula pertumbuhan kopi adalah daerah Jawa Barat. Campur tangan pemerintah Belanda menjadikan kopi kini memiliki pula pilihan tidak begitu kental.

"Asal usulnya di Jawa Barat, tapi di sana lebih dikenal dengan teh, bukan kopi. Dan di sana, kopi sudah lama karena ada faktor politik pemerintahan Belanda dan campur tangan mereka," paparnya.

Ina menegaskan, kopi sebenarnya bukan tanaman asli Indonesia, tapi dibawa dari negara-negara asing yang datang ke Indonesia dengan menggunakan sistem barter. Kopi awalnya berasal dari Arab, tepatnya Yaman dan Ethiopia.

Ina menambahkan, dari daerah Jawa Barat lah, perlahan tanaman kopi mulai dikenal leh masyarakat secara luas. Menanam kopi pun menjadi sumber penghasilan demi memenuhi kebutuhan hidup.

"Dari Jawa Barat mulai menjalar ke wilayah Indonesia. Oleh karena itu, Jawa Barat dikenal sebagai lahirnya kopi hingga disebut Java Kopi. Dari sana mulai memasuki daerah Jawa Timur, dari situlah kopi mulai dikembangkan sehingga Jawa Timur dikenal sebagai sumber kopi, dan kini Jawa Tengah, tepatnya Temanggung, sudah mulai mengembangkan kopi," paparnya.

Setelah Jawa Tengah, lanjut Ina, kopi kemudian masuk ke wilayah lainnya di Indonesia, seperti Bali, Papua, Aceh, Medan, Flores, dan hampir di seluruh wilayah Indonesia. (ftr)

0 comments:

Posting Komentar