Home » , , , , » Ichwan Toha dan Kutipan Asyik di Pentas Busana

Ichwan Toha dan Kutipan Asyik di Pentas Busana

TEMPO.CO, Jakarta - Model dunia, Lara Stone, pernah berucap singkat dalam sebuah acara peragaan busana di Paris beberapa waktu lalu. "Saya suka hiruk-pikuk, keglamoran, dan kerja keras di dunia mode," ujarnya santai sebelum berjalan ke atas pentas.

Sontak kutipan Lara itu jadi pegangan dan gimmick para model belia setiap menghadiri pekan mode selanjutnya. Model belia terinspirasi Lara, model asal Belanda yang tercatat berpendapatan US$ 4,5 juta atau sekitar Rp 40 miliar dari kontraknya dengan Calvin Klein Inc. "Saya dan teman-teman suka kutipan Lara yang asyik, unik, dan menarik, seperti halnya motivasi kami," kata Isabel, seorang model belia asal Argentina.

Tak hanya Lara yang kutipannya melegenda. Perancang senior Karl Lagerfeld juga dikenal karena ucapannya, yaitu "the purpose of life is life", yang berarti "tujuan sebuah kehidupan adalah untuk hidup". Kutipan ini menjadi penyemangat bagi banyak perancang mancanegara dan lokal. Kutipan perancang Chanel itu seolah mantra yang menyihir para perancang. "Aku suka kutipannya yang sederhana, lugas, dan cerdas," kata Al Charisma, perancang berambut keriting yang sudah malang-melintang di berbagai perhelatan internasional ini.

Di Indonesia, Ichwan Toha, perancang asal Betawi, pun seperti tersihir jejak Lara dan Karl Lagerferd. Meluncurkan buku berjudul 103 Fashion Quotes, Ichwan menangkap setiap lontaran kutipan yang berseliweran di area panggung mode Indonesia. Kata-kata itu diucapkan oleh perancang, para model, dan tamu yang biasa menghadiri panggung peragaan seperti kaum sosialita dan selebritas. "Anda keren, saya lebih keren" adalah salah satu fashion quote dari buku setebal 213 halaman ini.

Menurut Ichwan, bukunya adalah kompilasi kutipan 50 pesohor Indonesia, baik yang bergerak di industri fashion, seni, maupun hiburan seperti Nadine Chandrawinata, Dewi Sandra, Atiqah Hasiholan, Dominique Diyose, Fery Salim, Atalarik Syach, Samuel Mulia, Chossy Latu, Harry Darsono, dan Maylaffayza.

"Buku ini menjadi pioner karena belum ada buku yang membahas fashion quotes di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara," kata dia dalam acara peluncuran bukunya pada akhir Februari lalu di Pekan Mode Indonesia, Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta.

Beberapa kutipan terekam dalam buku ini. "Don't be a slave, be a queen of fashion," kata Nadine Chandrawinata. Ada juga kutipan dari Muara Bagdja, "Banyak yang tanya, apa ya gunanya kumis, janggut, dan jambang? Buat saya, itu adalah aksesori yang mempaketkan penampilan. Mau bergaya minimalis, saya tinggal cukur klimis. Mau lebih glamor, cukup dipelihara. Selagi ingin bergaya lebih pribadi, saya atur bentuknya dengan unik."

Dewi Sandra berkata, "Setiap orang bisa dengan mudah membeli tren atau fashion terbaru. Akan tetapi, tidak setiap orang bisa memiliki style. You either have it in you or you don't." Perancang Musa Widyatmodjo juga mengatakan, "Fashion adalah refleksi kedewasaan jati diri seseorang."
HADRIANI P

0 comments:

Posting Komentar