Home » , , , , » Mudahnya Masak Nasi Tim

Mudahnya Masak Nasi Tim

HAI, Bu Sisca, saya Merry (32). Bila salah seorang keluarga sedang sakit, saya selalu membuat bubur ayam atau sup. Sebenarnya, saya juga ingin membuat nasi tim, tapi belum tahu cara membuatnya.

Boleh diberi tahu, bagaimana membuat nasi tim? Terima kasih atas penjelasan Ibu.
Merry-Pamulang

Jawab:
Membuat nasi tim mudah sekali karena tidak perlu waktu lama. Bahan-bahan yang digunakan juga tidak banyak, cukup disesuaikan dengan selera.

Nasi tim adalah proses memasak nasi dan bahan lain sesuai selera dengan cara dikukus di dalam wadah yang di bawahnya menggunakan air. Caranya, gunakan 500ml beras dan 800ml air kaldu atau santan dengan takaran sama. Didihkan air kaldu atau santan, lalu masukkan beras dan aroni hingga airnya cukup kering alias nasi setengah matang. Kukus nasi hingga matang.

Untuk menciptakan cita rasa lezat, tumis bawang merah cincang, bawang putih cincang, jahe cincang, kecap inggris, dan kecap manis lalu masukkan potongan ayam. Setelah ayam matang, masukkan ke dalam nasi lalu berikan sedikit potongan daun bawang.

Untuk mendapatkan hasil nasi tim yang bagus, ukuran airnya adalah setengah bagian dari mangkuk, kemudian mengapa diberikan jahe? Agar aroma nasi tim lebih selain bisa meningkatkan rasa. Bagian ayam yang bisa digunakan, seperti dada, paha, bahkan kulitnya, tergantung selera. Selamat mencoba!
Sisca Soewitomo
Pakar Kuliner

(ftr)

0 comments:

Posting Komentar