10 Trik Masak Lebih Cepat (I)

MEMASAK dianggap sulit karena banyak tahapan yang harus dilakukan dan membutuhkan banyak waktu. Trik memasak cepat tentu akan menjadi jalan keluar terbaik.

Memasak, mulai dari mencuci, memotong, hingga menumis dan membersihkan dapur menjadi tahapan yang senantiasa dilalui. Ketika semua bahan makanan yang diperlukan telah terkumpul, Anda menyiapkan segala sesuatunya sambil membaca resep dan mengolahnya.

Demi menghemat waktu, simak beberapa trik berikut, seperti dilansir The Daily Meal:


Organisir rempah-rempah
Dalam mengolah masakan, pastikan rempah-rempah yang akan digunakan mudah dijangkau dan dilihat. Guna menghemat waktu memasak, simpanlah rempah-rempah pada rak lalu tempelkan namanya dengan rapi. Bila perlu, susunlah sesuai abjad agar tidak kebingungan ketika membutuhkannya.

Gunakan parutan
Bawang putih dan jahe memberikan rasa dan aroma pada masakan. Namun bila dimanfaatkan dengan diiris atau cincang, Anda tentu butuh waktu untuk menyiapkannya. Daripada mengotori pisau dan talenan, gunakan saja alat parut khusus untuk Anda memasukkan kedua bahan langsung ke dalam alat masak.

Pilih sayuran dalam bentuk potongan
Saat berbelanja di toko makanan, pertimbangkan untuk membeli sayuran yang dijual dalam bentuk irisan, khususnya pada bahan-bahan salad, seperti telur dan sayuran. Dengan ini, Anda bisa menghemat waktu saat mengolah menu sederhana daripada harus menyiapkan sayuran segar.

Manfaatkan alumunium foil
Dengan kertas aluminimum, Anda tidak perlu lagi mencuci perabot masak. Gunakan dua lembar kertas alumunium, terutama pada olahan kue yang menggunakan banyak isian, jadi Anda bisa langsung menghidangkannya tanpa repot mencuci alas panggang.

Penghematan waktu yang sama bisa juga dilakukan saat mengiris dengan talenan. Alasi talenan dengan plastik lalu buang saat sayuran dan bahan makanan lain selesai diiris.

Gunakan mangkuk besar
ketika memotong sayuran, gunakan mangkuk besar untuk menaruh sayuran sebelum dimasak daripada menaruhnya masing-masing dengan satu wadah. Dan agar mangkuk tidak kotor, alasi dengan plastik. (ftr)

0 comments:

Posting Komentar