Home » , , , , » Festival Kuliner Mandar, Hadirkan Jutaan Makanan Tradisional

Festival Kuliner Mandar, Hadirkan Jutaan Makanan Tradisional

detail berita
(Foto:Johan Sompotan)
OLAHAN kuliner tiap daerah memiliki kekayaan ragam makanan serta olahan makanannya, seperti kuliner Mandar, Sulawesi Barat yang menghadirkan sekira jutaan kulinernya.

Festival kuliner Mandar ini diadakan bertujuan untuk mempererat masyarakat Mandar, Sulawesi Barat di Jakarta ini menghadirkan makanan-makanan khas tradisionalnya mulai dari makanan camilan, makanan utama hingga makanan penutup sekaligus.

"Di Festival ini kami menampilkan makanan tradisional dari Mandar. Mulai dari kue, masakan ikan dan juga ada olahan nasi, selain dari ingin mempererat masyarakat Mandar yang ada di Jakarta," jelas Ibu Ratna Dewi Aswan selaku Ketua Penyelenggara Festival Kuliner Mandar saat berbincang dengan okezone usai acara Festival Kuliner Mandar, Sulawesi Barat di Kawasan Adityawarman, Blok M, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Makanan Mandar yang dikenal dengan rasa manis ini terdapat olahan pisang dan ikan karena menurutnya kedua makanan ini sangat didominasi di daerah Mandar, Sulawesi Barat.

"Di sana banyak sekali pisang, kalau beras belum matang, pisang selalu disajikan terlebih nutrisi dari pisang itu sangat bagus buat tubuh, pisang itu bisa berguna," paparnya.

Ratna menambahkan, bila berbicara kuliner Mandar, dimana kulinernya lebih menonjolkan cita rasa alami serta apa adanya tanpa memakai banyak bumbu.

"Kalau kuliner Mandar itu lebih mengutamakan rasa alami atau natural, penggunaan bumbunya pun tidak banyak hanya bawang putih, asam, kunyit, cabai dan bawang merah saja. Cabai yang digunakannya pun hanya cabai rawit yang memiliki tingkat kepedasan yang tajam," tambahnya.

Dalam festival kuliner Mandar ini, dihadirkan beberapa makanan khasnya seperti Bau peapi yaitu makanan dari olahan ikan, kemudian Bau tapi merupakan olahan ikan panggang yang menggunakan ikan seribu, ada juga Loka dianjeroi yaitu olahan pisang yang direbus kemudian digodok bersama santan.

Selain makanan utama, festival kuliner Mandar ini pun juga menghadirkan beberapa kue yang menjadi andalannya, seperti Sokol, yaitu olahan ketan yang dipadukan dengan gula Jawa serta diberi penambahan saus durian, ada juga Gogos, sejenis lemper tetapi di dalamnya lebih menggunakan ikan sebagai aroma khasnya. (uky)
(ftr)

0 comments:

Posting Komentar