Home » , , , » Kenapa Berkebun Bisa Menjaga Kewarasan Jiwa Anda?

Kenapa Berkebun Bisa Menjaga Kewarasan Jiwa Anda?

TEMPO.CO - Stres sudah menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari. Bila tidak ada sarana yang dapat menjadi penyaluran, keseimbangan jiwa seseorang bisa saja terganggu. Maka tidak ada salahnya mencoba kegiatan lain yang dapat dilakukan di rumah, misalnya berkebun.

"Pengalaman sensorik dari berkebun memungkinkan seseorang terhubung keadaan alami alam semesta," kata James Jiler, direktur eksekutif sekaligus pendiri GreenWorks, sebuah hunian perkotaan di Miami berbasis nirlaba yang menyediakan jasa lingkungan dan program daerah berpenghasilan rendah.

Menurut Jiler, banyak orang yang sudah memahami dan merasakan manfaat dari berkebun. Namun banyak dari mereka yang tidak dapat menjelaskannya dengan kata-kata. "Bekerja di kebun dapat menyehatkan jiwa Anda. Selain dapat menambah kesegaran, menghasilkan produk sayuran atau buah-buahan sehat, berkebun juga dapat meningkatkan suasana hati Anda," kata Jiler.

Salah satu penjelasan yang cukup radikal dari sebuah penelitian bahwa berkebun baik untuk kesehatan jiwa dan raga adalah, saat berkebun atau menggali tanah, seseorang dapat terpapar bakteri berguna yang disebut Mycobacterium vaccae.

Sebuah penelitian menunjukkan bakteri yang tidak berbahaya ini dapat meningkatkan pelepasan dan metabolisme hormon serotonin di bagian otak. Serotonin berfungsi mengontrol kegiatan fisik tubuh dan suasana hati. "Dengan memperkenalkan bakteri ini pada lingkungan, dapat membantu mengurangi beberapa masalah depresi," ujar Christopher Lowry, asisten profesor fisiologi integratif di University of Colorado, Boulder, Norwegia.

Dengan berkebun, seseorang dapat menerima udara segar dan sinar matahari dengan baik. Ini dapat mempengaruhi kerja aliran darah dalam tubuh. "Banyak gerakan yang dapat dilakukan tubuh saat berkebun, sama keuntungannya dengan melakukan latihan olahraga," ujar William Maynard, Koordinator Program Berkebun, Departemen Taman dan Rekreasi di Kota Sacramento.

Kolaborasi kegiatan fisik dan psikis selama berkebun ini juga dipercaya dapat memberikan pengaruh positif bagi pikiran. Bahkan, bagi beberapa orang yang pernah mengalami masalah mental, berjalan di tengah kebun atau taman dapat menjadi salah satu alternatif terapi.
NEWS.HEALTH.COM | CHETA NILAWATY

0 comments:

Posting Komentar