Home » , , , , » Perempuan Obesitas Lebih Rentan Alami Pembekuan Darah

Perempuan Obesitas Lebih Rentan Alami Pembekuan Darah

TEMPO.CO, Newyork - Perempuan usia baya dengan kelebihan berat badan memiliki resiko tinggi mengalami pembekuan darah, khususnya yang baru saja menjalani operasi. Penelitian yang diikuti lebih dari satu juta perempuan di Inggris menyebutkan, ada hubungan antara obesitas dengan risiko Venous Thromboembolism (VTE) atau yang dikenal dengan pembekuan darah di dalam pembuluh vena.

Jika pembekuan darah itu pecah dan masuk ke dalam paru-paru akan menyebabkan kondisi yang disebut Emboli Paru atau penyumbatan arteri utama dari paru-paru atau salah satu cabang, dengan zat yang berasal dari tempat lain dalam tubuh. Jika kondisi ini terjadi dapat berakibat fatal dan harus menjalani operasi.

"Tapi sejauh yang kita tahu, penelitian kami adalah yang pertama untuk langsung menguji hubungan antara kelebihan berat badan atau obesitas dan kemungkinan memiliki operasi," kata Pemimpin Peneliti, Lianne Parkin, dari University of Otago di Selandia Baru.

Para peneliti menemukan bahwa dari 1.000 perempuan dengan berat badan normal yang menjalani operasi rawat inap selama enam tahun, sekitar 5 orang harus menjajalani operasi karena mengalami pembekuan dalam vena atau emboli paru dalam waktu 12 minggu dari operasi.

Sementara pada perempuan yang mengalami berat badan atau obesitas, jumlah yang menjalani operasi dalam emboli paru lebih banyak, yaitu 7 orang. Secara keseluruhan, Parkin mengatakan, risiko pembekuan naik secara bersamaan dengan berat badan perempuan.

"Itu menunjukkan bahwa hilangnya sejumlah kecil berat badan akan berpengaruh baik, dalam hal mengurangi resiko VTE, terutama bagi perempuan yang kelebihan berat badan atau obesitas," kata Parkin.

Pembekuan darah hampir selalu didiagnosis karena gejala, seperti nyeri di betis, bengkak pada pergelangan kaki, serta merasa panas pada satu area yang terinfeksi. Menurut Parkin, pengobatan yang dapat dilakukan dengan memberikan antibeku untuk mencegah pembekuan yang telah ada maupun yang baru.

Mengenakan stoking kompresi sekitar kaki bagian bawah juga dapat membantu mencegah pembekuan baru. Menurut Parkin, cara terbaik bagi seorang perempuan obese dalam mengurangi resiko VTE adalah menurunkan berat badan. "Banyak manfaat kesehatan lainnya yang penting dengan mengurangi berat badan," ujar Parking.
REUTERS | CHETA NILAWATY

0 comments:

Posting Komentar