Home » , , , » Nasi Dimasak dengan Dandang Lebih Enak?

Nasi Dimasak dengan Dandang Lebih Enak?

SALAM kenal, Chef, saya Detri (28). Terkadang, saya memasak nasi masih menggunakan dandang bila harus memasak untuk acara keluarga. Sebab, daya tampung dandang lebih besar daripada rice cooker. Menurut saya, hasil nasi yang dimasak dengan dandang cenderung lebih enak. Entah mungkin hanya perasaan saya.

Sebenarnya, apa yang menyebabkan nasi yang dimasak menggunakan dandang jadi lebih enak? Terima kasih atas jawabannya, Chef.
Detri-Lenteng Agung

Jawab:
Hasil nasi yang dimasak antara menggunakan rice cooker dengan dandang sebenarnya berbeda tipis. Kalau bicara soal enak tidaknya, itu tergantung pada selera masing-masing. Saya akan menjelaskan letak perbedaannya.

Bila menggunakan dandang, Anda bisa yakin dengan tingkat kematangan nasi. Kadar airnya pun bisa Anda tentukan sendiri sesuai selera. Kita juga bisa lebih memberikan rasa pada nasi yang diolah lewat proses mengaron beras (merebus setengah matang untuk kemudian dikukus).

Selama beras diaron, Anda bisa memasukkan bumbu ataupun rempah. Bila ingin membuat nasi hijau, misalnya, Anda tinggal masukkan air perasan daun pandan.

Sementara untuk mengukur takaran air, gunakan jari telunjuk. Isi air setinggi kurang dari satu ruas jari telunjuk. Bila ingin hasil nasi yang lebih pulen, tambahkan hingga mencapai satu ruas atau lebih sedikit dari jari telunjuk.

Aroni beras sekira 10 menit atau sampai air tidak lagi tampak di permukaan beras. Untuk memastikan tingkat kematangannya, Anda bisa mencicipinya sedikit. Soal suhu api, pertama-tama gunakan suhu api besar lalu kecilkan bila beras mulai tanak.

Bila menggunakan rice cooker, Anda bisa dengan mudah mengetahui bahwa nasi sudah matang lewat petunjuk penggunaan yang ada. Bila mulai matang, Anda harus sering mengaduknya agar nasi tidak kering dan lengket di bagian dasar akibat terlalu lama terpapar panasnya dinding lapisan panci rice cooker.
Chef Lucky Andreono
Juara MasterChef Indonesia dan Pemilik Restoran Lucky Grilled Ribs
Jalan RS Fatmawati No. 55E, Cipete, Jakarta Selatan
(ftr)

0 comments:

Posting Komentar