Lemon & Cuka Cegah Jamur Menghitam

BIASANYA, jamur tidak akan bertahan lama usai dibeli, apapun jenisnya. Pasalnya, jamur sangat sensitif terhadap udara sekitar, tapi kini ada trik untuk membuat jamur bisa tahan lama.

"Jamur gampang sekali berubah menjadi hitam, yang bisa menghilangkan rasa dan nutrisinya, apalagi ditaruh di udara terbuka. Cara supaya tidak hitam, gunakan lemon dan cuka," ungkap Chef John Chu dari Pearl Restaurant Hotel JW Marriott kepada okezone di Resto Syailendra, Hotel JW Marriott, Kuningan, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Caranya, rebus jamur dengan lemon dan cuka sebelum disimpan. Penggunaan kedua bahan secukupnya saja. Perebusan juga tak perlu lama, cukup 3-5 menit karena hanya berfungsi menarik kotoran pada jamur, terutama berkat kandungan asam dari lemon dan cuka.

"Supaya bisa tahan lama, bukan cuma jamur saja, bunga teratai juga bisa menggunakan trik ini. Merebusnya maksimal lima menit karena jamur gampang lembek, sekadar menarik bakterinya," lanjutnya.

Setelah direbus dengan lemon dan cuka, jamur tidak perlu dikeluarkan dari air perebusan bila tidak ingin segera dimasak. Bisa juga dikeluarkan, tapi segera simpan di wadah kedap udara.

"Kalau mau disimpan, jangan dibuang airnya agar jamur terlindungi dari udara sekitar. Bisa saja jamur dikeringkan, tapi harus disimpan dalam wadah kedap udara. Bisa gunakan mangkuk, tapi tutup bagian atasnya dengan plastik atau penutup lain rapat-rapat. Dengan penyimpanan yang benar, jamur bisa tahan tiga hari," tutupnya.
(ftr)

0 comments:

Posting Komentar