Home » , , , » Menu-Menu Masakan Tak Butuh Microwave

Menu-Menu Masakan Tak Butuh Microwave

MASYARAKAT modern mengandalkan microwave untuk kepraktisan memasak. Memang, microwave menjadi alat masak dengan 1001 kegunaan, tapi Anda tidak perlu bergantung pada alat masak ini.

Berikut beberapa menu makanan yang bisa diolah tanpa memakai microwave, seperti diulas The Daily Meal:


Popcorn
Membuat popcorn memang membutuhkan microwave, tapi cara ini sudah kuno. Anda bisa membuat popcorn tanpa microwave. Caranya, masukkan mentega dan jagung popcorn ke wajan, nyalakan kompor, lalu tutup wajan. Biarkan jagung popcorn matang, ditandai tidak adanya suara dari dalam wajan.


Sayuran beku
Pencairan makanan (menurunkan makanan dari suhu freezer menjadi suhu ruangan) butuh waktu lama dan pasti akan membutuhkan microwave. Belum tentu, karena ada cara lebih cepat. Untuk mencairkan sayuran beku, seperti brokoli, cukup rendam di dalam air hangat selama lima menit, lalu masak sesuai keinginan.

Ambil potongan daging, roti burger, sosis, dan makanan beku lainnya dari freezer ke lemari es, yang suhunya lebih tinggi, semalam sebelum dimasak. Cara ini memungkinkan proses pencairan lebih alami dan menciptakan cita rasa yang lebih baik.

Jika Anda mencoba mengolah sup tanpa pencairan, misalnya, hasilnya tidak akan sempurna. Daging cenderung kering sedangkan sup menjadi encer dan hambar.


Memasak air
Memasak air dengan ketel listrik akan menghemat waktu daripada menggunakan microwave dalam proses pendidihannya.


Mencairkan mentega atau cokelat
Untuk mencairkan mentega, tempatkan mangkuk tahan panas di dalam panci berisi air yang dimasak di atas api kecil. Untuk hasil cokelat cair terbaik, gunakan double boiler agar tidak gosong.


Menghangatkan pizza, lasagna, dan casseroles
Microwave adalah alat yang pas untuk memanaskan ketiga makanan tersebut. Cukup diletakkan di atas wadah datar dan lebar, lalu atur waktu penghangatan. Bila tidak punya microwave, Anda bisa gunakan oven. Gunakan suhu sedang sehingga proses penghangatan tidak terlalu lama.


Memasak sup dan pasta
Tambahkan sedikit air ke dalam panci sambil dipanaskan di atas kompor. Pastikan memasak dengan api sedang, aduk sesekali agar sup tidak terlalu matang. Simpan bahan makanan ini dalam wadah tahan panas dan tempatkan dalam lemari es. Bila butuh sewaktu-waktu butuh, Anda tinggal memanaskannya.
(ftr)

0 comments:

Posting Komentar