Home » , , , » Pilah-pilih Susu untuk Olahan Masakan

Pilah-pilih Susu untuk Olahan Masakan

detail berita

SELAIN enak dikonsumsi sebagai minuman, susu juga enak diberikan pada olahan makanan. Namun, tidak semua susu bisa digunakan.

"Susu juga enak dimasukkan ke dalam olahan makanan, cita rasa manis menjadi kekuatan susu. Semua susu bisa diolah kecuali susu bayi," kata pakar kuliner Sisca Soewitomo saat dihubungi Okezone, baru-baru ini. "Susu bayi hanya diperuntukkan buat bayi karena di dalamnya terlalu banyak formula sehingga jika dimasukkan ke dalam makanan, maka bisa berbahaya," tambahnya.

Sisca menegaskan, susu segar bisa dipilih berkat kekuatan rasa gurih alami yang akan sangat menonjol bila disatukan dengan makanan. "Susu murni sangat bagus karena kandungan proteinnya masih tinggi sehingga rasa manisnya lebih dominan. Cukup diberikan sedikit saja dalam makanan," bebernya.

Selain itu, jika Anda tidak memiliki susu segar, bisa juga memakai susu bubuk, akan tetapi proses pengolahannya harus disamakan dengan takaran susu cair. "Kalau pakai susu bubuk, otomatis kadarnya harus disamakan dengan susu cair, misalkan 1 liter setara dengan 1.000 ml untuk sama takarannya dengan susu cair. Atau, 10 persennya menjadi 100 gram yang digunakan adalah bubuknya jadi dalam proses penggunaannya adalah 900 ml air maka sama dengan 1 liter susu cair," tegasnya.

Sisca mengatakan, pemakaian susu kental manis pun bisa digunakan namun penggunaannya harus diperhatikan, jangan terlalu berlebih sebab di dalamnya sudah ada kadar gula. "Karena susu kental manis sudah ada gula di dalamnya, maka pemakaiannya itu 1 liter setara 1.000 ml dikurangi dengan 375 gram jumlah 1 kaleng, semua tergantung kemasan susunya," lanjutnya.

Terakhir, Sisca mengutarakan susu evaporated (susu yang memiliki kandungan telur) juga bisa dipakai dalam mengolah makanan. "Susu ini biasanya dibuat puding karena kekuatan rasa serta kandungan protein ganda yang didapat dari telur," tutupnya.
(ftr)

0 comments:

Posting Komentar