Talas A sampai Z

TEMPO.CO, Bogor - Umbi merupakan sumber pangan penting. Selain mengandung karbohidrat, protein, dan lemak, umbi memiliki beberapa unsur mineral dan vitamin, sehingga dapat dijadikan bahan obat-obatan. Sebagai pengganti nasi, talas mengandung banyak karbohidrat dan protein yang terkandung dalam umbi, sedangkan daunnya digunakan sebagai sumber nabati. Komposisi zat yang terkandung dalam 100 gram talas di antaranya kalsium, fosfor, zat besi, serta vitamin A, C, dan B1.

Di Indonesia, daun talas biasanya dibuat sayuran atau biasa disebut buntil. Penggunaan daun dan tangkai talas sebagai bahan sayuran biasa dijumpai di pedesaan.

Selain sebagai bahan pangan, talas bisa dibuat minuman. Akar rimpang talas, jika difermentasikan dan ditambah gula serta semacam jagung (kaffir corn) dan air, dapat diolah menjadi sejenis bir. Bubur akar rimpang talas dipercaya sebagai obat encok.

Selain itu, cairan akar rimpang dapat digunakan sebagai obat bisul, sedangkan getah daunnya sering digunakan untuk menghentikan perdarahan akibat luka dan menyembuhkan bengkak. Adapun pelepah dan tangkai daun talas, jika dipanggang, dapat dimanfaatkan untuk mengurangi gatal-gatal dan daunnya diyakini mampu mengobati gigitan kalajengking.
ARIHTA U. SURBAKTI

0 comments:

Posting Komentar