Home » , , , , » Cara Ampuh Jaga Kesegaran Rempah-Rempah

Cara Ampuh Jaga Kesegaran Rempah-Rempah

Johan Sompotan - Okezone
detail berita
(Foto:Anneahira)
BUMBU dan rempah-rempah menjadi bagian penting dalam mengolah makanan. Untuk menjaga kualitasnya, trik terbaik yang harus Anda pahami adalah cara penyimpanan.

Simak beberapa cara ampuh menjaga kualitas rempah-rempah, seperti dikutip Huffingtonpost, Kamis (15/3/2012):

Beli bumbu dalam bentuk utuh
Rempah-rempah tidak akan busuk tetapi bisa kehilangan rasa aslinya. Semakin tua rempah-rempah, maka rasanya akan semakin berkurang. Rempah-rempah kering biasanya mudah hancur, rempah-rempah yang memiliki akar seperti jahe dan kunyit memiliki bau tanah. Belilah rempah-rempah sesuai kebutuhan. Setelah dibeli, Anda harus langsung mearuhnya di plastik kedap udara.

Rempah-rempah akan tetap segar lebih lama hingga empat tahun, sementara bumbu halus hanya tetap segar antara satu dan dua tahun. Herbal kering disarankan tidak disimpan selama lebih dari satu tahun karena bumbu yang halus akan membuatnya tidak bertahan lama.

Gunakan kaleng

Cahaya, udara, panas, dan kelembapan adalah musuh utama rempah-rempah, karena itulah rempah-rempah harus selalu berada di tempat yang kering dan gelap. Paling bagus menyimpan rempah-rempah adalah di wadah kaleng. Pastikan wadah sebagai penyimpan rempah-rempah tertutup dengan rapat.
 
Giling rempah-rempah

Cara lain adalah dengan cara menggilingnya. Dalam menggiling rempah-rempah, usahakan semuanya tidak terpengaruh apapun, gunakan beras untuk membersihkan penggiling rempah-rempah. Gilinglah rempah-rempah dengan jumlah dua kali lipat, misalnya resep yang ditujukkan 1/2 sendok teh jinten maka Anda harus menggilingnya 1 sendok teh kemudian ukurlah jumlah yang Anda butuhkan, lalu simpan bumbu tersebut di dalam kaleng.

Panggang
Memanggang adalah cara yang sederhana untuk menghilangkan kadar minyak di dalamnya. Hasilnya, rempah-rempah bisa lebih tahan lama. Memanggang rempah-rempah bisa Anda lakukan dengan cara menaruhnya di dalam wajan lalu gunakan api sedang. Ketika sudah muncul aroma, angkat dan jangan biarkan terlalu lama.

Parut
Seluruh bumbu yang bukan dalam bentuk benih seperti pala dan kayu manis sebaiknya diparut. Cara ini terutama bisa Anda lakukan pada musim dingin lalu membuat minuman cokelat panas dengan campuran kayu manis. (ftr)

0 comments:

Posting Komentar