Jangan Anggap Sepele Dapur!

UNTUK menciptakan makanan sehat, bukan sebatas difokuskan pada pemilihan bahan makanan saja tetapi juga harus memperhatikan dapur, karena dapur pusat utama makanan sehat.

"Sebelum memasak harus memperhatikan dapur, karena di situ pusat Anda mengolah makanan. Jangan menganggap sepele dapur karena bisa berbahaya buat Anda," jelas Yunadi Aulia Desmawan, Brand Manager Scotch-Brite, saat ditemui usai acara edukasi untuk kaum ibu bertema Rumah Bersih Terawat, Keluargaku Sehat Bersama Scotch-Brite di restoran Eclectic, Cilandak Town Square, baru-baru ini.

Menurutnya, jika kondisi dapur tidak diperhatikan maka jangan salahkan diri Anda bila keluarga Anda akan mudah terserang wabah penyakit dengan mudah.

"Dapur itu merupakan sumber bakteri yang besar. Di situ ada limbah makanan, tempat Anda membuat masakan pula sehingga harus diperhatikan secara khusus," lanjutnya.

Untuk mendapatkan rasa nyaman dalam memasak di dapur, proses pembersihannya bukan sebatas asal saja karena dapur itu harus dilakukan pembersihan setiap hari.

"Jika Anda seusai memasak, maka kotoran atau sisa bahan makanan otomatis harus dibuang ke tempat sampah. Jangan biarkan tempat sampah terbuka, karena akan mudah membuat kuman atau bakteri menyebar ke seluruh bagian rumah Anda," tegasnya.

Selain itu agar mendapatkan aroma yang segar dalam membuat masakan, jangan lupa untuk memberikan ventilasi udara di dapur Anda karena berfungsi untuk membuang uap panas pada saat memasak.

"Kalau enggak ada sirkulasi udara di dapur Anda maka akan membuat bakteri atau kuman gampang tersebar, tetapi bila ada ventilasi udara maupun sirkulasi udara maka akan ada cahaya yang masuk berupa sinar ultra violet yang akan mematikan kuman sehingga saat memasak pun Anda dapat menghasilkan masakan yang sehat," tutupnya. (uky) (ftr)

0 comments:

Posting Komentar