Home » , , , » Warna Sayuran Makin Cerah Berkat Air Dingin

Warna Sayuran Makin Cerah Berkat Air Dingin

Johan Sompotan - Okezone
detail berita
(Foto:Blogspot)
HALLO Chef, perkenalkan nama saya Yulianti (27). Kami sekeluarga gemar mengonsumsi sayuran dan harus tersedia di meja makan setiap hari. Namun selesai diolah, saya melihat warna sayuran cenderung tidak cerah, jadi kadang tampilannya tidak menarik.

Saya mau tanya, bagaimana mengolah sayuran agar warna dan nutrisinya tetap utuh? Lalu, berapa lama prosesnya? Terima kasih atas jawabannya.
Yulianti-Depok

Jawab:
Sayuran memang menjadi kebutuhan tubuh karena memiliki banyak manfaat serta nutrisi, terutama bila Anda mengetahui proses pengolahannya. Untuk mengolah sayuran, ada baiknya Anda rebus lebih dahulu. Cara ini mampu menjaga nutrisi dan warna sayuran sehingga klorofilnya tetap utuh.

Caranya, Anda panaskan air kemudian setelah mendidih, masukkan sayuran yang akan diolah. Cukup setengah menit direbus lalu angkat dan segera masukkan ke sebuah wadah berisi air dingin.

Fungsi air dingin atau air yang telah diisi es batu untuk menghentikan proses pemasakan akibat suhu panas tadi. Pasalnya saat diangkat, panas air mendidih masih menempel pada sayuran yang direbus.

Selain itu, dengan dimasukkan ke air dingin, maka pori-pori sayuran akan tertutup sehingga nutrisi dan warnanya bisa semakin 'hidup'. Selanjutnya, sayuran bisa Anda olah dalam berbagai teknik; tumis, panggang, atau apapun sesuai selera.

Chef Idham Mirwan
Executive Chef Cheese Cake Factory
(ftr)

0 comments:

Posting Komentar