Masak Spaghetti Sehat Tanpa Daging

Johan Sompotan - Okezone
detail berita
(Foto:patiodaddiobbq)
SPAGHETTI biasanya dibuat dengan bahan daging dan keju. Namun untuk Anda menghadirkan menu lebih 'ringan', Anda dapat mengolahnya dengan cara berbeda, yakni tanpa daging.

"Untuk spaghetti, Anda bisa membuatnya dengan olahan yang sehat. Sebab, tidak selamanya harus menggunakan daging, dengan memakai bahan apa adanya yang Anda miliki, itu sudah bisa dibuat menjadi spaghetti," kata Chef Idham Mirwan, Executive Chef Cheese Cake Factory, kepada okezone saat ditemui di Cheese Cake Factory di Jalan Cikini Raya No. 16, Jakarta, baru-baru ini.

Dijelaskannya, dalam membuat spaghetti sehat, Anda membutuhkan bahan-bahan makanan, seperti pasta, lada hitam, lada putih, minyak zaitun, daun basil, bawang putih, tomato ceri, bawang bombay, sayur jukini (terong Jepang), serta bawang putih bubuk.

Namun sebelum mengolahnya, pastikan pasta telah direbus dengan benar. Rebusnya selama 9 menit agar cita rasa serta teksturnya tetap bagus. Langkah selanjutnya adalah memasak pasta dengan bahan-bahan lainnya. Caranya, panaskan wajan lalu berikan minyak zaitun atau jika tidak punya, mentega bisa jadi penggantinya. Tumis bawang bombay, dan setelah harum, masukkan bawang putih.

"Menumis bawang bombay dan bawang putih tidak perlu sampai berubah warna karena aroma serta cita rasanya akan hilang kalau berubah warna," lanjutnya.

Untuk menambah rasa pada olahan spaghetti, Anda bisa memberikan bayam, asparagus, atau sayuran lainnya. Bumbu rendang ternyata juga bisa, semua disesuaikan dengan selera Anda.

"Setelah mau mendekati matang, berikan bumbu seperti garam, daun basil, lada hitam, lada putih, dan garlic powder karena bahan-bahan yang digunakan akan mengeluarkan air sehingga bumbu akan hilang rasanya," tutupnya.
(ftr)

0 comments:

Posting Komentar