Aturan Simpan Minyak Bekas Pakai

MINYAK goreng bekas pakai kerap disimpan untuk dipakai kemudian. Boleh-boleh saja demikian, tapi perhatikan aturan menyimpan minyak goreng bekas pakai.

"Kalau mau menyimpan minyak bekas pakai, lebih baik minyak disaring dahulu agar pada saat digunakan kembali, minyaknya masih terlihat dalam kondisi layak pakai," jelas Chef Randy, healthy chef Healthy Kitchen Home Resto MB, saat dihubungi Okezone, Selasa (1/5/2012).

Menurutnya, proses penyaringan berguna agar minyak yang akan disimpan bersih dari kotoran atau remah-remah makanan yang ada pada dasar minyak. Pasalnya, bila disimpan lama, minyak kotor memungkinkan timbulnya bakteri. Ditambahkannya, bagian dasar minyak memiliki kandungan lemak jenuh sehingga bisa membahayakan kesehatan tubuh.

"Setelah disaring, sisa minyak yang ada di dalam wadah beserta kotoran yang ada dalam saringan harus dibuang karena bagian dasar minyak terdapat kandungan lemak jahat, kadar LDL (low density lipoprotein-red) sangat tinggi," tambahnya.

Chef Randy menegaskan, proses penyimpanan minyak bekas pakai tidak boleh terlalu lama. Batas penyimpanannya cukup tiga hari untuk kemudian digunakan kembali.

"Kalau lebih dari tiga hari, maka aroma minyak jadi tengik sehingga bila dipakai kembali akan mempengaruhi aroma makanan," tutupnya. (ftr)

0 comments:

Posting Komentar