Home » , , , » MURI Catat Rekor Pemeriksaan Ibu Hamil Terbanyak

MURI Catat Rekor Pemeriksaan Ibu Hamil Terbanyak


TEMPO.CO, Jakarta - Pemeriksaan 417 ibu hamil di Plaju, Kota Palembang, Sumatera Selatan, memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI). Wali Kota Palembang Eddy Santana Putra berharap pemeriksaan ibu hamil tersebut bisa meningkatkan derajat kesehatan ibu hamil di wilayahnya.

Pemeriksaan ibu hamil itu meliputi pemeriksaan berat badan, tinggi badan, serta USG. Kegiatan yang dilakukan atas kerja sama Pertamina Refinery Unit III Plaju dan General Electric (GE) Indonesia itu dilakukan pada Minggu, 29 April 2012 di gedung Diklat Pertamina Refinery Unit III Plaju.

"Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kegiatan ini. Pemeriksaan ini semoga dapat meningkatkan derajat kesehatan ibu hamil di Kota Palembang," kata Eddy Santana Putra dalam sambutannya. Hadir dalam kegiatan itu, CEO GE Indonesia Handry Satriago dan General Manager PT Pertamina (Persero) Refinery Unit III Teuku Khaidir.

Pemeriksaan ibu hamil, kata Eddy, penting dilakukan sebagai deteksi dini bagi kesehatan ibu hamil dan janin. Upaya ini juga dilakukan untuk menekan angka kematian ibu dan bayi. Di Palembang, angka kematian bayi tercatat 2 per 1.000 kelahiran. Sementara angka kematian ibu melahirkan tercatat 36 per 100 ribu kelahiran. Angka ini diklaimnya berada di bawah angka nasional.

Pemeriksaan kehamilan gratis ini disambut gembira warga di sekitar Ring I Kompleks Pertamina Refineri Unit III Plaju. "Ini kehamilan kedua. Sebelumnya belum USG," kata Ratiana, 26 tahun, yang sedang hamil anak kedua. Dia sangat berharap, janin yang dikandungnya berjenis kelamin perempuan. Hasil USG memperlihatkan jenis kelamin janin yang dikandung sesuai harapannya. "Makanya seneng banget. Kondisinya juga sehat," ujar Ratiana dengan raut gembira.

Atas pemeriksaan ibu hamil ini, MURI mencatatnya sebagai peristiwa superlatif yang diyakini belum pernah terjadi sebelumnya. "Tercatat ada 417 peserta ibu hamil, dan ini melebihi dari usulan sebelumnya dengan peserta 400 sehingga pemeriksaan ibu hamil ini secara sah tercatat dari rekor MURI dengan pencatatan rekor yang ke-5.406," kata Deputi Manajer MURI Damian Awan Rahargo. Sertifikat rekor tersebut diberikan kepada GE Indonesia dan Pertamina Refinery Unit III Plaju.
AMIRULLAH

0 comments:

Posting Komentar