Home » , , , » Istilah-Istilah dalam Membuat Kue (II-Habis)

Istilah-Istilah dalam Membuat Kue (II-Habis)

VARIASI kue kian berkembang lantaran dunia kuliner senantiasa membuka diri untuk masuknya resep-resep baru. Istilah-istilah yang ada juga semakin banyak.

Untuk Anda yang baru belajar membuat kue, resep berisi nama-nama bahan asing tentu memusingkan. Tenang, ada kamus sederhana yang bisa menjadi panduan Anda.

Mentega Putih/Shortening
Mentega putih atau vegetable shortening adalah lemak tumbuhan yang sudah melalui proses hidrogenisasi, sehingga berbentuk padat. Mentega putih jauh lebih padat/keras dibanding mentega biasa karena kadar airnya jauh lebih sedikit. Rasanya pun tidak gurih seperti mentega yang terbuat dari susu. Umumnya digunakan untuk membuat biskuit, pastry, dan merupakan bahan dasar pembuatan butter cream. Rasanya tawar dan berwarna putih.

Bread Improver/Baker`s Bonus
Bread improver adalah bahan yang dapat membantu meningkatkan kualitas roti seperti membuat serat roti jadi halus, menghasilkan volume dan kulit roti yang bagus, memperpanjang umur simpan, dan mempercepat proses fermentasi.

Susu Evaporated
Susu cair yang kadar airnya sudah dikurangi/diluapkan, sehingga lebih kental, lebih pekat rasa susunya. Warnanya krem, bukan putih. Susu cair putih dalam kaleng dan bukan krim, walaupun sering digunakan orang sebagai krimer.

Gula Icing dan Gula Bubuk
Gula icing adalah gula bubuk yang sudah ditambahi zat antikepal sehingga lebih kering dan tidak menggumpal. Gula icing juga lebih halus butirannya dan tidak semanis gula bubuk sehingga cocok digunakan untuk campuran butter cream dan glazuur. Karena sudah mengandung bahan antikepal, gula icing ini sebaiknya tidak digunakan untuk mengganti gula biasa atau gula kastor.

Gula yang Dingin di Lidah
Gula ini biasa disebut gula donat, yaitu gula icing yang sudah ditambahi perasa dingin atau mint.

Brown Sugar
Campuran antara gula putih dengan molasses. Terdapat dalam 2 jenis; light dan dark. Makin gelap warna gula, makin kuat rasa molasses. Brown sugar bisa diganti dengan gula putih biasa dengan ukuran yang sama atau campuran gula putih dengan gula palem/gula jawa dengan perbandingan 1:1, tetapi aromanya tidak akan sama.

Softcream
Krim campuran untuk membuat buttercream. Bentuk dan baunya mirip mentega, berwarna putih, dan bertekstur lembut sekali. Bila dikocok dengan mentega putih, campuran ini akan mengembang menjadi 2 kali lipat volume awal, teksturnya menjadi sangat ringan (fluffy) seperti krim, dan warna buttercream akan putih mengkilat (shiny).

Spuit
Alat untuk membentuk butter cream, berbentuk kerucut dengan aneka bentuk potongan pada ujungnya. Untuk membentuk butter cream, spuit ini dimasukkan ke dalam piping bag kemudian disemprotkan ke atas kue. Butter cream akan keluar dalam aneka bentuk tergantung bentuk mata spuit dan teknik menghias yang digunakan.

Essence dan pasta
Dua-duanya adalah flavoring, tapi essence hanya memberikan rasa sedangkan pasta memberikan rasa dan warna. Essence lebih pekat daripada pasta sehingga pemakaiannya lebih sedikit. (ftr)

0 comments:

Posting Komentar