Home » , , , , » Cara Benar Simpan Makanan di Kulkas (II-Habis)

Cara Benar Simpan Makanan di Kulkas (II-Habis)

MENYIMPAN bahan makanan di kulkas memang akan menjaga usia ketahanannya. Namun, caranya jelas tak bisa sembarangan atau makanan justru akan mudah rusak.

Suhu kulkas sebaiknya pada kisaran ideal. Suhu normalnya antara satu derajat Celsius hingga lima derajat Celsius. Sementara, pengaturan suhu terbaiknya adalah 3,3 derajat Celsius dan 4,4 derajat Celsius. Kiat lain dalam menggunakan kulkas diulas berikut ini, seperti dilansir Timesofindia:

Simpan daging
Daging adalah salah satu bahan makanan segar yang paling rentan terkontaminasi bakteri. Oleh karena itu, tindakan pencegahannya harus diambil saat proses penyimpanan. Daging harus disimpan segera sesusai dibeli. Bila tidak, bakteri akan tumbuh cepat.

Simpan roti
Roti tidak harus disimpan dalam kulkas karena akan membuat teksturnya menjadi keras. Roti sebaiknya disimpan pada suhu ruangan agar tetap lembut dan memertahankan kualitasnya. Sementara olahan panggang, seperti pancake dan muffin, sebaiknya dibungkus dalam plastik lalu simpan dalam kulkas selama tiga hingga empat hari. Untuk kue krim dan kue keju, simpan dalam wadah kedap udara selama sekira 24 hingga 36 jam untuk memeroleh rasa segar dan penampilan cantik, tapi tidak harus disimpan dalam ruang pendingin.

Jangan simpan cokelat di kulkas
Cokelat tidak boleh disimpan dalam freezer karena ketika berada di bawah suhu normal, terjadilah proses kondensasi, yang memunculkan embun di atas cokelat. Alhasil, permukaan cokelat pun kasar. Oleh karena itu, cokelat harus disimpan dalam suhu dingin dan dibungkus dengan benar. Bila suhu kulkas tergolong tinggi, bungkus cokelat dalam wadah kedap udara lalu simpan di rak kulkas.

Cara bersihkan kulkas
Bersihkan kulkas secara rutin, minimal sebulan sekali. Selalu matikan kulkas sebelum dibersihkan, cabut arus listriknya, angkat semua perlengkapan kulkas, jangan semprotkan air panas untuk membersihkan kulkas, gunakan kain lap bersih dan bertekstur lembut, lalu bilas dengan air hangat. Jangan gunakan penggosok bubuk, deterjen, ataupun bahan kimia untuk membersihkan kulkas. Kulkas harus benar-benar kering saat Anda membersihkannnya, juga ketika mengembalikan bahan makanan setelah kulkas dibersihkan.
(ftr)

0 comments:

Posting Komentar