Cara Benar Simpan Makanan di Kulkas (I)

KULKAS, banyak orang tidak asing dengan alat rumah tangga satu ini. Ternyata, banyak fungsi kulkas yang bisa kita manfaatkan. Apa saja?

Kulkas bisa menyimpan makanan, baik mentah maupun makanan jadi. Namun, bagaimana cara Anda menyimpan bahan makanan di kulkas selama ini? Tahukah Anda bahwa, misalnya, menyimpan buah-buahan dan sayuran tidak harus ditaruh di dalam plastik? Atau, bahwa cokelat sebaiknya tidak usah ditaruh di dalam frezeer?

Mari simak beberapa fakta mengenai kulkas untuk manfaat kesehatan, seperti dilansir Timesofindia:
Pintu kulkas
Sebaiknya pintu kulkas tidak dibuka terlalu sering atau dalam waktu lama. Jika banyak udara hangat masuk ke dalamnya, maka embun beku bisa terakumulasi pada sistem pendingin.

Simpan bahan makanan
Makanan harus disimpan dengan cara yang benar sehingga udara dingin dapat bersirkulasi di sekitarnya. Makanan yang sama harus disimpan di rak yang sama sehingga saat dibutuhkan, Anda tahu di mana mencarinya.

Bahan-bahan makanan berukuran kecil, seperti keju, mentega, dan sebagainya, bisa disimpan pada rak bagian atas. Sementara, jangan pernah pernah menyimpan makanan panas di kulkas, tapi tunggu hingga suhunya mencapai suhu ruangan.

Simpan sayuran
Buah dan sayuran harus disimpan secara terpisah karena bahan-bahan segar tersebut dapat menghasilkan gas tertentu yang dapat menyebabkan makanan lainnya membusuk. Karenanya, gunakan selalu rak-rak terpisah yang ada di kulkas. Kemudian, buah tidak harus dicuci sebelum disimpan karena faktor kelembapan bisa menyebabkan buah cepat busuk.

Simpan telur
Telur harus disimpan dalam kemasan karton aslinya dan simpan di bagian atas kulkas. Bila disimpan dalam nampan di bagian dalam pintu kulkas, telur akan mudah busuk. Pasalnya, pintu merupakan bagian kulkas yang paling sering dibuka-tutup.

Makanan yang memiliki umur simpan lebih lama bisa disimpan pada rak pintu kulkas. Pastikan pula bahwa minuman botol dan jus buah tertutup rapat. Sementara, semua makanan sisa harus disimpan dalam wadah kedap udara atau dibungkus dengan plastik kedap udara sehingga makanan tidak kering atau bau.
(ftr)

0 comments:

Posting Komentar