Bakar Daging, Bolak-balik Sekali Saja

detail berita
(Foto: Getty Images)
DAGING sapi mampu memberikan asupan protein hewani bagi tubuh. Mengolahnya butuh trik khusus untuk menyempurnakan tingkat kematangan dan mempertahankan juicy-nya.

Berikut beberapa cara mengolah daging sapi dengan tepat, seperti dilansir dari buku Memasak di Akhir Pekan oleh Halal Australian Beef Natural & Safe, Jumat (20/4/2012):

1. Pilihlah potongan daging sesuai dengan jenis masakan yang akan diolah.

2. Pindahkan daging dari freezer ke kulkas. Turunkan daging sapi beku dari freezer ke kulkas sebelum dimasak (patokannya adalah 12 jam per 1 kg daging).

3. Pilih daging giling. Olah masakan dari daging giling atau cincang dalam bentuk yang menarik untuk anak.

4. Buatlah beef steak. Masakan lain yang diminati anak-anak adalah steak. Untuk menghasilkan steak yang lezat, lumuri minyak pada daging. Kemudian, gunakan wajan atau grill dalam keadaan panas. Bumbui daging beberapa saat sebelum dimasak. Setelah itu, istirahatkan daging sebelum dipotong atau disajikan.

5. Masak steak sampai tingkat kematangan medium atau medium well. Steak paling baik dinikmati kalau dimatangkan sampai tahap medium atau medium well, bukan well done.

6. Membalik daging sekali saja. Ketika memasak di atas wajan atau panggangan, hindari membolak-balik daging untuk mematangkan kedua sisinya. Cobalah untuk membalik daging sekali saja, masak sekitar 3 menit pada masing sisinya, apalagi jika Anda membolak-balik dengan garpu. Juicy dalam daging akan keluar dan mengurangi kelezatannya.

7. Buat daging yang anak-anak suka. Pilihlah potongan daging yang sudah tersedia dalam bentuk irisan siap pakai, seperti sukiyaki, shabu-shabu, atau irisan tumis. Selain praktis, cara tumis yang ringkas membuat zat gizi dalam makanan terjaga.

8. Libatkan si kecil. Libatkan anak-anak untuk memilih menu atau ikut berbelanja sehingga mereka dapat belajar memilih sumber makanan yang baik dan bergizi. Cara ini akan membuat si kecil tertarik dengan hidangan yang disantapnya dan belajar mengenal beragam rasa yang ditawarkan aneka jenis pangan yang berbeda.
(ftr)

0 comments:

Posting Komentar