Home » , , , » Untuk Olahan Menu, Baiknya Gunakan Susu Kemasan

Untuk Olahan Menu, Baiknya Gunakan Susu Kemasan

detail berita
(Foto: Getty Images)
SUSU kerap ditambahkan dalam berbagai olahan masakan dan kue. Akan tetapi, ada beberapa panduan untuk mengolahnya dengan tepat.

"Menggunakan susu dalam masakan bukan sembarangan karena susu merupakan bahan yang mudah larut apabila terkena panas. Kalau sudah terkena zat yang tidak diperlukan dalam tubuh, maka itu akan bahaya," jelas Chef Randy, Healthly Chef di Healthly Kitchen Home Resto MB, Jumat (20/4/2012).

Selain mudah larut, dalam proses pemasakan, pengolahan susu sebaiknya tidak di atas suhu 100 derajat Celsius. "Susu dalam makanan juga tidak boleh tercampur dengan zat asam saat diolah. Bila di atas 100 derajat dan bertemu zat asam, maka protein dalam susu akan pecah, kalau itu masuk dalam tubuh, maka perut Anda akan mulas," tambahnya.

Chef Randy menambahkan, susu semestinya tidak bersentuhan dengan bahan aluminium selama pengolahan. Alasannya, bahan ini mudah rontok ke dalam susu karena sifat ari susu adalah menetralisir zat berbahaya.

Untuk penggunaannya, Anda disarankan memakai susu yang sudah melewati proses pengolahan ketimbang yang masih segar. Bila perlu, gunakan susu kemasan untuk lebih aman.

"Susu tanpa pengolahan gampang pecah karena kadar proteinnya masih tinggi. Namun bila ingin memakai susu kemasan, perhatikan kandungan gula di dalamnya, bisa juga gunakan susu yang tinggi kalsium," tutupnya.
(ftr)

0 comments:

Posting Komentar