Home » , , , » Cari Tahu Minyak Panas, Gunakan Sendok Kayu

Cari Tahu Minyak Panas, Gunakan Sendok Kayu

Johan Sompotan - Okezone
detail berita
(Foto:shop.villeroy-boch)
HALLO, Bu Sisca, perkenalkan nama saya Wulan (25). Ketika memasak, terkadang saya bingung bagaimana mengetahui minyak yang saya gunakan sudah panas sementara saya tidak punya thermometer khusus masak. Bagaimana caranya, Bu?Terima kasih jawabannya
Wulan- Pondok Cabe

Jawab:

Terima kasih juga atas pertanyaannya, Wulan. Memang ini menjadi kendala di rumah karena dalam memasak diperlukan minyak yang panas. Bila tidak, hasil masakan tentu kurang sempurna.

Suhu minyak yang benar adalah harus mencapai 175 derajat Celsius. Kalau di rumah tidak ada termometer, tak perlukhawatir. Memang, termometer kerap digunakan pada home industry atau para koki hotel dan restoran.

Jika Anda ingin mengetahui minyak panas, masukkan saja sendok kayu saja. Caranya, lihat bagian bawah sendok kayu, jika banyak buih mengelilingi sendok kayu ketika dimasukkan ke minyak, itu tandanya minyak sudah panas.

Mengapa menggunakan sendok kayu? Sifat kayu menghantarkan panas. Selain itu, kayu juga tahan terhadap panas, tidak mudah terbakar, dan mudah mendeteksi panas. Sementara kalau Anda menggunakan bahan logam atau steinless, maka hawa panas akan menjalar naik. Akibatnya, Anda tidak akan bisa memasak lantaran kepanasan.
Sisca Soewitomo
Pakar Kuliner
(ftr)

0 comments:

Posting Komentar