Home » , , , , » Serba-serbi Nasi dalam Masakan Korea

Serba-serbi Nasi dalam Masakan Korea

NASI merupakan makanan pokok warga Korea dan mengandung tinggi nutrisi. Apa saja varian nasi dalam kuliner Korea?

Selain karbhohidrat, nasi juga mengandung protein, vitamin, mineral, dan serat. Tidak seperti protein dan lemak, karbhohidrat kebanyakan mengandung oksigen juga energi bagi tubuh.

Nasi putih biasanya dimasak dengan volume air dan beras yang tepat hingga menghasilkan nasi pulen. Namun dalam kuliner Korea, varian nasi kerap diolah istimewa, seperti japgokbap (dimasak bersama barley, jagung, dan kacang kedelai), byeolmibap (dimasak bersama kerang, kimchi, tauge, dan bahan lainnya), juga bibimbap (nasi kukus dengan topping sayuran dan daging kemudian dicampur saus Korea).

Simak beberapa variasi nasi dalam kuliner Korea, seperti dilansir dari buku "Korean Cuisine: Refresh Your Sense" dari Korea Tourism Board:

Ssalbup (nasi putih kukus)
Nasi putih adalah varian nasi yang paling banyak dikonsumsi warga Korea. Beras putih, meski rasanya hambar, menjadi teman sempurna bersantap berbagai jenis lauk dan sayuran.

Gulbap (nasi kerang)
Di tahap terakhir proses pemasakan beras, kerang ditambahkan untuk memunculkan rasa dan aroma menggoda. Variasi nasi ini turut pula ditambahkan saus kacang kedelai untuk menguatkan cita rasa kerang.

Yeongyang dolsotbap (nasi dalam wadah batu)
Beras dimasak dalam sebuah stone pot bersama ginseng, Jujube (semacam permen manisan bening), chestnuts, dan bahan bergizi lainnya. Makanan pokok ini tidak hanya sehat, juga lezat dan tetap hangat hingga masuk ke mulut.

Kongnamulbap (nasi tauge dan soybean)
Nasi ini merupakan beras putih yang dimasak bersama tauge, soybean, dan daging sapi. Kombinasi antara bahan-bahan ini menghadirkan kuliner bergizi sekaligus lezat. Seperti diketahui, tauge kaya vitamin C. (ftr)

0 comments:

Posting Komentar