Home » , , , , » Langkah Sederhana Bersihkan dan Percantik Dapur

Langkah Sederhana Bersihkan dan Percantik Dapur

PERNAH memperhatikan betapa berantakan dapur rumah Anda? Yuk, lakukan sentuhan-sentuhan sederhana untuk menjadikan dapur sebagai arena tempur terbaik Anda.

Dapur menjadi titik awal bagi kesehatan keluarga. Di sinilah makanan bagi anggota keluarga dibuat setiap harinya. Selain bicara bahan makanan bersih, dapur juga harus memiliki nilai kebersihan untuk Anda bisa menghasilkan makanan sehat. Jadi, sudahkah dapur Anda kini dalam keadaan bersih?

Berikut beberapa langkah menjadikan dapur kembali bersih dan cantik, seperti diulas Sheknows.

Bersihkan peralatan utama
Kecuali Anda adalah orang beruntung yang memiliki pembantu rumah yang siap menjaga kebersihan dapur, maka bila tidak, Anda harus membersihkannya sendiri. Bukan tak mungkin bila peralatan yang kerap digunakan tidak senantiasa dibersihkan usai dipakai. Alasannya bukan karena malas atau tidak tahu, tapi karena kita berpikir bahwa alat-alat ini masih akan digunakan lagi esok dan hari-hari ke depan, sebut saja oven dan kompor gas.

Waktu pada akhirnya akan mengurangi usia fungsi alat-alat dapur bila tidak rutin dibersihkan. Namun, tidak perlu berpikir untuk membeli pembersih oven yang mahal atau menyewa seorang pembantu bertarif mahal untuk merawat alat-alat ini. Caranya cukup mudah, campur pasta bersama baking soda dan air. Oleskan seluruh permukaan oven dengan bahan tersebut (hindari logam dan elemen pemanas) lalu diamkan semalaman. Kemudian, kenakan sarung tangan untuk meluruhkan kotorannya.

Sementara untuk membersihkan kumparan, gosok dengan spons dan sedikit soda kue. Jika Anda memiliki kumparan gas yang dapat dilepas, sebaiknya lepaskan saat dingin dan masukkan dalam mesin cuci piring, kecuali disebutkan lain oleh produsen oven.

Untungnya, lemari es dan microwave jauh lebih mudah dibersihkan. Yang Anda butuhkan adalah produk pembersih dapur, sarung tangan, dan spons. Namun, jika es telah menimbun di dalam freezer, semprotkan air panas dicampur baking soda untuk mencairkannya. Sementara, membersihkan microwave cukup dengan mengelapnya dengan handuk basah atau spons. Plus, selalu bersihkan alat-alat ini dengan produk tisu pembersih bakteri.

Menghemat ruang
Menempatkan alat-alat dapur dengan baik mungkin terlihat berat di awalnya, tapi akan menyenangkan ketika Anda telah memulainya. Anda akan merasa lega ketika memiliki lebih banyak ruang untuk panci, wajan, dan alat-alat dapur lainnya.

Salah satu cara termudah untuk Anda membuat lebih banyak ruang di dapur adalah tindakan mengkonsolidasikan. Anda menyimpan tiga bungkus tepung, dua bungkus gula, dan beberapa kantong beras di dapur? Ini tentu akan memakan tempat. Lebih baik pindahkan bahan makanan ini masing-masing ke dalam satu wadah yang kemudian diberi label. Cara ini bukan hanya memudahkan Anda ketika ingin mengambil dan menggunakannya, tapi juga menghemat ruang penyimpanan. Praktekkan pula tip ini untuk bahan makanan lainnya di dapur Anda, seperti pasta, kopi, dan sebagainya.

Cara lain untuk menghemat ruang adalah menggantung keranjang di dinding atau menambahkan beberapa rak. Dengan ini, bumbu-bumbu tidak lagi berantakan sekaligus memberi tampilan baru untuk dapur Anda. Atau gantung alat masak Anda di dinding agar mudah diambil, berbeda ketika ditumpuk di dalam rak dapur. (ftr)

0 comments:

Posting Komentar