Empat Ikan Paling Cocok Diasap

detail berita
Ikan Salmon. (Foto: gettyimages.com)
MENGOLAH ikan bisa dilakukan dengan banyak cara, mulai digoreng, direbus, dipanggang, dan sebagainya. Jika ingin merasakan sensasi rasa lainnya, Anda harus mencoba olahan ikan dengan teknik pengasapan.

Diasap merupakan cara lain mengolah ikan. Cara ini menghadirkan aroma dan cita rasa berbeda ketimbang ikan diolah dengan cara lainnya.

Melakukan pengasapan pada ikan dilakukan dengan cara yang sederhana yaitu dibiarkan mengering di atas api dari kayu. Suhu api yang dibutuhkan sudah pasti sangat tinggi serta proses yang terbilang cepat. Berikut beberapa ikan yang lebih pas diolah dengan cara pengasapan, seperti diulas Ehow.

Salmon
Ikan yang satu ini sangat populer, bahkan olahannya sudah mendunia. Cara pengasapannya, ikan salmon diiris agak besar. Pengasapan salmon dilakukan hanya pada ikan yang memiliki kandungan lemak kurang dari 14 persen yang teksturnya tidak mudah berlendir.

Ikan trout
Ikan jenis ini hampir sama seperti salmon. Ikan ini pun sangat baik bila diasap. Trout merupakan jenis ikan varietas, teknik pengasapan pada ikan ini tergantung pada jenisnya. Bila ikan trout lebih kecil, maka pengasapannya bisa dilakukan secara keseluruhan tanpa diiris, sementara ikan trout jenis rainbow harus dilakukan pengirisan sebelum diasapi.

Tuna
Tuna paling lezat bila diolah dengan cara pengasapan, terlebih ikan ini bisa ditangkap dalam jumlah besar. Tuna sering dilakukan pengasapan karena ukurannya relatif lebih kecil. Jadi, pengasapannya bisa dilakukan secara keseluruhan.

Ikan Haddock
Ikan ini hanya nikmat dikonsumsi dengan cara diasapi. Sebelum diasapi, ikan harus diberi garam karena bentuk kulit yang mengkilap harus membentuk keindahan pada tubuhnya. Dalam pengasapan, ikan ini bisa dilakukan dengan cara diiris dan dilakukan secara keseluruhan, tergantung jenis tangkapannya. (ftr)

0 comments:

Posting Komentar