Gurihnya Sup Ubi Mandar

detail berita
(Foto:Johan Sompotan)
TERNYATA ubi bukan saja enak diolah dengan cara digoreng saja, tetapi ubi dan singkong juga enak dibuat sup ubi.

Sup ubi merupakan khas makanan Mandar, Sulawesi Barat ini mengandalkan cita rasa yang alami sebab di dalamnya diberikan ubi atau singkong yang telah diolah terlebih dahulu.

"Di Mandar itu banyak sekali singkong dan ubi, untuk prosesnya singkong digoreng sampai matang tapi sebelum digoreng diberi bawang putih sama garam," jelas Arlia selaku penjual sup ubi saat ditemui okezone usai acara Festival Kuliner Mandar di Kawasan Adityawarman, Blok M, Jakarta Selatan baru-baru ini.

Bila dilihat secara sekilas, makanan ini mirip dengan olahan soto mie, hanya saja makanan ini tidak memakai risol, kikil serta kentang di dalamnya.

"Untuk melengkapi olahan ini, kita kasih mie yang sudah direbus bersama tauge serta daun seledri sama kacang tanah yang telah digoreng terlebih dahulu," paparnya.

Untuk memberikan rasa gurih pada makanan sup ubi ini, dirinya memakai daging sapi yang diolah menjadi kaldu sapi.

"Kuahnya itu dari daging sapi, cuma saat pengolahannya kaldu sapi ini diberikan bawang putih. garam dan merica dimana garam serta bawang putih ditumis terlebih dahulu agar bumbunya lebih meresap kedalamnya," bebernya lagi.

Meskipun ubi atau singkong ditumis hingga matang kemudian ditaruh ke dalam bahan lainnya tidak membuat singkong menjadi over cook. "Selain jadi gurih, untuk melengkapinya kita berikan telur yang telah dipotong, namun singkongnya pun juga dipotong agar lebih mempercantik olahan makanan tersebut," tutupnya.
(ftr)

0 comments:

Posting Komentar