Langkah Tepat Bersihkan Rice Cooker

SALAM kenal, Chef, nama saya Dewi (33). Saya sudah menanggalkan dandang untuk memasak nasi dan beralih menggunakan penanak nasi elektrik (rice cooker). Selain proses memasak cepat, penggunaannya juga cukup mudah.

Yang ingin saya tanyakan, bagaimana cara membersihkan rice cooker dari sisa nasi yang menempel? Lalu, bagaimana agar nasi tidak menempel ketika dimasak? Terima kasih atas informasinya, Chef.

Dewi-Cikokol, Tangerang

Jawab:
Memang, masyarakat semakin dimanjakan dengan kemajuan teknologi sehingga pekerjaan menjadi lebih cepat dan mudah, seperti halnya memasak nasi dengan rice cooker. Namun, harus disadari bahwa memasak dengan rice cooker, nasi cenderung mudah kering. Pasalnya, rice cooker harus selalu dalam keadaan panas saat digunakan untuk memasak akibat proses arus listrik.

Agar nasi tidak menempel di bagian dasar panci, aduk sesering mungkin selama memasak. Sebaiknya, pilih rice cooker dengan panci yang memiliki kekuatan panas merata dan hemat listrik karenan akan mempengaruhi kualitas nasi yang dihasilkan.

Selanjutnya soal pembersihan, gunakan busa khusus mencuci piring. Gunakan bagian yang halus karena di panci rice cooker terdapat dinding lapisan untuk memanaskan dan mematangkan nasi, jadi lapisan tersebut tidak rusak.

Sebelum dicuci, rendam panci rice cooker dengan air dingin dan air hangat. Rendam masing-masing selama 15 menit, lalu cuci dengan sabun pencuci piring. Perendaman menggunakan air dingin bertujuan merontokkan sisa nasi yang menempel pada panci rice cooker sedangkan air hangat mengangkat bakteri-bakteri pada panci rice cooker usai digunakan.

Pastikan tidak ada sisa sabun yang tertinggal selama proses pencucian agar nasi yang dimasak nantinya tidak berbau sabun.

Chef Lucky Andreono
Juara MasterChef Indonesia dan Pemilik Restoran Lucky Grilled Ribs
Jalan RS Fatmawati No. 55E, Cipete, Jakarta Selatan
(ftr)

0 comments:

Posting Komentar