Home » , , , » Selai Ampas Tahu Bisa Cegah Penuaan Dini

Selai Ampas Tahu Bisa Cegah Penuaan Dini

Liputan6.com, Yogyakarta: Ampas tahu yang selama ini hanya menjadi limbah, berhasil dimanfaatkan Ahmad Muhaimin Alfarisy, mahasiswa Universitas Gadjah Mada menjadi selai roti. Selai ampas tahu ini bahkan diketahui mengandung isoflavon yang mampu mencegah penuaan dini. "Ampas tahu belum banyak dimanfaatkan optimal. Biasanya hanya dibuang dan untuk pakan ternak," papar Alfarisy di Yogyakarta, belum lama ini.

Bersama keempat rekannya, Dian Purnami Handayani, Friestisya Blorindayoga Hariandrie, Mudrikah, dan Ristiani Puji Lestari, tim ini mampu menjadikan ampas tahu menjadi produk dengan gizi tinggi. Ampas tahu memilik kandungan serat, karbohidrat, dan protein yang tinggi. Bahkan kandungan seratnya mencapai delapan persen, lebih tinggi dari serat yang dijual di pasaran yang hanya mencapai enam persen.

"Serat dalam ampas tahu baik untuk pencernaan. Selain itu di dalam kedelai juga terkandung senyawa isoflavon yang baik untuk mencegah proses penuaan dini," tambah Alfarisy yang bersama rekan-rekannya berhasil mendapat dana Program Kreativitas Mahasiswa (PMK) dari Direktorat Pendidikan Tinggi (DIKTI) 2012.

Pembuatan selai ini terbilang mudah. Ampas tahu yang masih segar dikukus lalu dicampur dengan buah gula pasir, cengkeh, dan kayu manis. Selanjutnya dimasak dan didihkan sampai mengental.

Bersama timnya, ia menamakan selainya dengan nama a Soy. Saat ini a Soy dijual dalam bentuk roti bakar dengan menawarkan empat varian rasa yaitu rasa apel, jambu, pisang, dan cokelat susu. Rencananya akan dibuat produk a Soy dengan rasa baru seperti blueberry, mocca, sirsak, dan beberapa rasa oriental lainnya.

"Semua rasa yang dijual merupakan perpaduan antara buah asli dengan ampas tahu sehingga dapat dipastikan mengandung gizi yang tinggi, padat serat, serta kandungan vitamin yang terutama berasal dari buah-buahan yang dipadukan," terangnya.(NatGeo/ADO)

0 comments:

Posting Komentar