Terasi, Bumbu Dasar Kuliner Bangka

detail berita

SELAMA ini, terasi lebih banyak digunakan untuk sambal maupun bumbu tambahan sayur asam. Namun di kuliner Bangka, terasi merupakan bumbu dasar.

"Bumbu dasarnya terasi, makanan kita kebanyakan dari terasi, misalnya lempah. Semua bumbu dasar masakan Bangka menggunakan terasi, kalau di Palembang tidak memakai terasi sama sekali," ucap M. Fitno, pemilik Restoran Kampoeng Bangka, kepada Okezone di Jalan Panglima Polim, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Dia menjelaskan, terasi menjadi bahan utama membuat berbagai menu karena Bangka memiliki hasil laut yang berlimpah. Udang segar dikeringkan untuk terasi. Terasi adalah bumbu dasar yang bikin enak masakan," tambahnya.

Meskipun di Pulau Jawa terdapat terasi, menurutnya, terasi asal Bangka memiliki rasa yang jauh lebih tajam, teksturnya juga lebih keras. Fitno yakin sebabnya karena kebersihan laut yang menghasilkan ikan lebih berkualitas. Dia menjelaskan sedikit tentang proses pembuatan terasi.

"Prosesnya, udang difermentasi terlebih dahulu dengan cara dikeringkan, ditumbuk, dijemur, lalu dicetak menjadi terasi," tutupnya.
(ftr)

0 comments:

Posting Komentar