Tergila-gila dengan Pasta Aglia Olio

HELLO Chef, Saya Ajeng (29), penggila pasta aglia olio karena makanan Italia ini sangat cocok di lidah saya. Saya ingin sekali membuatnya, bukan hanya bisa membeli, tapi tidak tahu caranya.

Boleh dijelaskan, bagaimana proses membuat pasta aglia olio? Benarkah dibutuhkan minyak zaitun untuk membuat pasta ini? Kalau benar, minyak zaitun mana yang harus saya pakai? Terima kasih atas jawabannya, Chef.

Ajeng-Malang, Jawa Timur

Jawab:

Membuat pasta aglia olio mudah sekali. Intinya, mengolah pasta tidak perlu lama agar rasa dan teksturnya pas.

Langkah pertama adalah memersiapkan pasta. Supaya cita rasanya lebih nikmat, siapkan pasta satu hari sebelum diolah. Caranya, rebus pasta, taruh dalam wadah, lalu berikan minyak zaitun murni (extra virgin olive oil). Setelah diberi minyak, simpan pasta ke dalam kulkas.

Alasan menggunakan minyak zaitun murni karena jenis ini memiliki ketajaman rasa yang sangat baik karena buah zaitun hanya melalui satu kali proses pemerasan. Minyak zaitun murni juga tidak akan menambah kandungan lemak pada makanan yang dioleskan dengannya. Dan bila disimpan dalam kulkas, minyak ini tidak akan membeku ataupun lengket.

Keesokan harinya, siapkan bumbu-bumbu. Tumis bawang putih, tapi pastikan tidak sampai berubah warna agar tidak pahit. Masukkan kaldu ayam sebanyak keinginan Anda. Bila ingin saus lebih banyak, maka berikan kaldu ayam lebih banyak.

Beri lada, garam, cabai bubuk jika suka pedas, dan wine. Bila tidak suka wine, Anda bisa menggantinya dengan perasan jeruk lemon. Saat akan segera diangkat, tambahkan garam lagi karena pasta akan menyerap air.

Kemudian, masukkan tomat yang sudah dipotong dadu dan dibuang bijinya. Masukkan pasta dan terakhir, tambahkan sedikit ekstra virgin olive oil agar aromanya lebih tajam. Minyak zaitun ini bisa saja ditambahkan di awal memasak, tapi Anda tidak akan merasakan cita rasanya. Bila ditambahkan pada tahap terakhir, maka ketajaman aroma minyak zaitun akan tercium. Sisihkan pasta yang telah matang.

Sebagai pelengkap, sajikan dengan udang tumis. Sebelum ditumis, beri garam dan lada lalu biarkan beberapa saat. Tak perlu membiarkannya terlalu lama agar juicy udang tetap terjaga. Tumis udang dengan minyak zaitun agar aromanya lebih keluar.

Dan untuk memercantik penampilan pasta aglia olio, berikan potongan parsley atau seledri. Pasta aglia olio pun siap Anda nikmati bersama keluarga. Selamat mencoba!
Stefu Santoso
Chef of Amuz Gourmet Restaurant

(ftr)

0 comments:

Posting Komentar