Bagaimana Cara Membaca Label Makanan Kemasan?

detail berita

LABEL makanan sering dijumpai pada makanan kalengan. Fungsinya agar Anda bisa mengetahui bahan-bahan yang terkandung sekaligus takarannya.

Namun terkadang, kita menemui kesulitasn untuk mengetahui secara rinci bahan makanan yang tercantum pada label makanan. Berikut lima cara membaca label makanan dengan benar, seperti diulas Timesofindia.
Apakah makanan kalengan wajib diberi label?
Sebagian besar makanan kemasan wajib diberikan label untuk menginformasikan kandungan gizi di dalamnya. Yang lebih penting lagi adalah tanggal kedaluwarsa dan daftar bahan pembuatnya.

Mengetahui kalori bahan
Label makanan memang bisa menarik perhatian konsumen terhadap sebuah makanan kemasan. Label inipun mencantumkan informasi jumlah kalori yang ada sehingga konsumen bisa mengukur kadar nutrisi dalam produk tersebut. Label lemak, misalnya, yang kadang dibagi menjadi lemak jenuh dan lemak tidak jenuh dengan kadarnya.

Mengetahui kandungan gizi
Lemak merupakan informasi yang penting bagi mereka yang memiliki penyakit jantung atau diabetes. Sementara, kandungan sodium penting bagi mereka yang menderita tekanan darah tinggi. Apapun produk yang Anda beli, bacalah label terlebih dahulu untuk memahami nutrisi yang ada di dalamnya.

Membaca ukuran pada label makanan sangat penting karena ukuran tersebut bisa mengontrol jumlah asupan lemak, gula, dan natrium pada saat Anda mengonsumsinya.

Rahasia mendeteksi label makanan
Terkadang, istilah-istilah, seperti bebas lemak, rendah lemak, bebas gula, bebas kolesterol, ataupun tinggi serat, ditemukan pada makanan kemasan. Sebagian besar pernyataan tersebut benar, tapi harus ditelaah dengan benar, misalnya bebas gula tidak selalu berarti bebas lemak. Produk tersebut mungkin tidak mengandung gula, tetapi mungkin mengandung pemanis lemak.
(ftr)

0 comments:

Posting Komentar