Tujuh Prinsip Makan Sehat (I)

detail berita

KUNCI mengonsumsi makanan sehat dan menjaga berat badan dimulai dari rencana yang cocok untuk diri sendiri. Ada beberapa hal yang bisa menjadi langkah menerapkan prinsip makan sehat.

Menerapkan prinsip makan sehat memang bukan perkara mudah. Namun, pola makan sehat sebaiknya dimulai sejak dini untuk tubuh bisa merasakan hasilnya.

Berikut beberapa prinsip makan sehat yang bisa dipraktekkan, seperti dikutip Realsimple:

Kenali diri
Dalam mengonsumsi makanan, poin terpenting adalah Anda harus bisa menemukan cara memasak sehat demi hasil makanan sehat. Selain asupan makanan besar, konsumsi pula camilan di antara waktu makan besar. Pilihlan camilan yang juga sehat.

Usahakan bawa bekal dari rumah agar tidak tergoda untuk mengonsumsi makanan cepat saji hingga akhirnya menjadi kebiasaan. Konsumsi makanan 200 kalori lebih sedikit per hari, itu berarti Anda bisa menurunkan berat badan 20 kg dalam setahun.

Konsumsi kacang polong
Bagi Anda yang tidak suka bayam dan brokoli, segera temukan sayuran hijau lainnya yang lebih disukai. Cari pula variasi mengolahnya; bisa ditumis, dikukus, dipanggang, dan sebagainya.

Dengan mengonsumsi banyak sayuran, Anda bisa memangkas kalori dalam tubuh. Sebagian orang cenderung mencari makanan berat bukan makanan lain - seperti sayuran - dengan jumlah kalori yang sama. Misalnya, Anda bisa mengganti daging dengan sayuran. Jumlah kalorinya sama, tapi asupan kalori ke tubuh lebih rendah.

Makan sedikit daging
Sumber makanan sehat bisa berasal dari biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran dan buah-buahan, lebih baik daripada daging. Biji-bijian merupakan bahan makanan tinggi serat yang dapat membantu sistem pencernaan sehingga Anda akan merasa lebih kenyang setelah menyantapnya.

Sementara, kacang-kacangan bijian mengandung nutrisi, salah satunya vitamin E, seperti terdapat pada kacang kenari. Kacang juga mengandung protein, zat besi, dan folat. Mengganti konsumsi daging dengan kacang-kacangan sebagai sumber protein tentu strategi yang baik untuk mengurangi asupan lemak jenuh. (ftr)

0 comments:

Posting Komentar