Home » , , » Ikan Segar vs Ikan Beku, Mana Lebih Baik?

Ikan Segar vs Ikan Beku, Mana Lebih Baik?

detail berita

IKAN segar dikatakan pilihan yang lebih sehat dibandingkan ikan beku, padahal keduanya memiliki fungsi yang sama sepanjang disimpan dengan baik. Kesegaran ikan, dikaitkan dengan bagaimana dan berapa lama dibekukan, akan berdampak pada rasa dan teksturnya.

Berikut beberapa fakta seputar ikan segar dan ikan beku, seperti dilansir Livestrong:

Pembusukan
Baik ikan segar ataupun ikan beku mempunyai batas waktu penyimpanan agar tidak busuk. Simpan ikan segar tidak lebih dari satu sampai dua hari di dalam kulkas sebelum akhirnya diolah. Sementara, ikan beku bisa busuk selama proses pengiriman.

Perhatikan tanda-tanda kerusakan yang muncul. Jangan lakukan pembekuan ulang makanan laut jika sudah mencair. Jika membeli ikan beku pun sebaiknya tidak memilih yang telah melewati batas kedaluwarsa. Dan jika sudah mengeluarkan bau ammonia, ikan berarti sudah rusak.

Kontaminasi bakteri
Pembekuan merupakan proses menghentikan pertumbuhan bakteri, begitupun dengan memasaknya. Bila ingin memasak ikan beku, lakukan pencairan secara menyeluruh terlebih dahulu. Dan karena bakteri bisa tumbuh selama proses pencairan, lakukan proses ini pada lingkungan yang hangat, seperti di dapur. Sementara, suhu yang pas untuk memasak ikan adalah 63 derajat Celsius.

Nutrisi
Pada kebanyakan kasus, proses pembekuan tidak mengurangi nilai gizi ikan. Protein, lemak, dan vitamin larut lemak, seperti A dan D, tidak berpengaruh pada proses pembekuan. Namun, proses pencairan ikan beku memungkinkan kadar airnya hilang, padahal air ini mengandung vitamin larut air dan sumber mineral. Sementara, ikan segar tidak akan kehilangan kadar air, vitamin, ataupun mineralnya.

Cita rasa dan penampilan

Sementara pilihan ikan segar ataupun ikan beku tidak memengaruhi kesehatan tubuh secara langsung, perbedaannya justru terletak pada cita rasa dan penampilan fisik. Tekstur ikan bisa menjadi lembek sehingga terlihat tidak menarik bila dicairkan dengan air hangat. (ftr)

0 comments:

Posting Komentar