Home » , , , , » Juara Sosis, Jerman Canggih Eksplorasi Bahan

Juara Sosis, Jerman Canggih Eksplorasi Bahan

Johan Sompotan - Okezone

detail berita
(Foto: Getty Images)
BICARA sosis, Jerman diakui banyak negara sebagai penghasil sosis terbaik di dunia. Jerman bahkan dengan canggih mengeksplorasi berbagai bahan untuk olahan satu ini.

"Kalau bicara sosis, di sana (Jerman-red) paling banyak sosisnya. Segala macam sosis ada; sosis darah, sosis hati, dan sebagainya, jadi bukan cuma dari daging," jelas Haniwar Syarif, Direktur Eksekutif Asosiasi Industri Pengolahan Daging Indonesia, kepada okezone saat ditemui di Grand Wijaya Center, Jalan Wijaya 2 Blok F No. 83 B, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Sosis darah yang dimaksud Haniwar biasa disebut bloodwurst oleh masyarakat Jerman. Sosis ini dibuat dari campuran daging dan darah hewan.

Dia sendiri mengakui bahwa bila bicara sosis, Jerman menjadi kiblat mutu serta cita rasa tertinggi oleh banyak negara. "Bicara sosis, paling tinggi, paling banyak variasinya, bahkan bicara mesin terbaik pembuat sosis memang dari Jerman," tambahnya.

Menurutnya, setiap wilayah Jerman memiliki keistimewaan pada sosis yang dibuatnya. Tak mengherankan bila produksinya sangat tinggi karena masyarakat Jerman menjadikan sosis sebagai konsumsi utama.

Di sana, setiap pagi hingga malam, pasti sosis menjadi konsumsi utama. Sosis sudah menjadi bagian sehari-hari untuk dimakan," tutupnya. (ftr)

0 comments:

Posting Komentar