Home » , , , » Bagaimana Menghabiskan Hari Terakhir di Kantor

Bagaimana Menghabiskan Hari Terakhir di Kantor

TEMPO.CO, Jakarta:- Hari ini adalah pekan terakhir Anda di kantor ini? Anda akan segera memulai kehidupan baru entah itu posisi baru di kantor baru? Apa yang anda lakukan untuk melewati saat terakhir bersama teman sekantor anda? Berbicara kepada orang yang paling menyebalkan? Menikmati kopi sambil bergosip dengan rekan kerja?

Kedengarannya menyenangkan tapi ada baiknya tidak Anda lakukan. Menghitung jam-jam terakhir di kantor mungkin terlihat menyiksa, tapi sebenarnya ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk bisa keluar dari kantor itu dengan cara yang indah. Thedailymuse 16 Mei 2012 memberikan petunjuk melewati hari terakhir Anda di kantor :

1. Selesaikan Pekerjaan Anda
Selesaikan semua pekerjaan anda sebelum hari berakhir. Tapi sisakan beberapa jam di pagi hari untuk mengecek segala sesuautu yang mungkin belum dikerjakan. Apalagi jika ada beberapa proyek kepada rekan kerja yang lain, lakukan pengecekan kepada mereka untuk memeastikan kalau mereka sudah mengerti apa yang harus dikerjakan. Ini bukan hanya membantu departemen Anda untuk tetap berjalan dengan baik sepeninggal Anda nanti, selain iut juga akan mencegah orang menelpon Anda di kemudian harinya karena bingung apa yang harus dilakukan.

2. Kumpulkan Kontak Anda
Rekan kerja, klien, penyewa, dan semua orang yang pernah berhubungan dengan Anda merupakan bagian dari lingkaran kerja Anda. Mereka juga akan sangat senang untuk tetap berhubungan dengan Anda di masa depan. Jadi jika Anda belum terhubung dengan dunia di luar kantor, luangkan waktu untuk menghubungi kontak Anda dan mengumpulkannya di LinkedIn. Atau Anda juga bisa memindahkan semua kontak di email kantor ke file excel yang bisa Anda simpan di kemudian hari.

3. Bersihkan Komputer
Saat proyek atau pekerjaan Anda sudah dipindahtangankan kepada orang lain, saatnya untuk membersihkan komputer Anda. Pertama, tempatkan semua dokumen kerja Anda yang mungkin akan berguna bagi tim Anda pada "Drive" umum, dan informasikan kepada mereka dimana bisa menemukan dokumen itu. Lalu, pastikan untuk menyimpan di USD atau mengirimkan email kepada diri Anda dokumen yang bisa digunakan membantu pekerjaan Anda di tempat yang baru atau contoh kerja Anda.

4. Makan Siang
Setelah pagi yang panjang, tentu saja Anda butuh makan siang. Pergilah makan siang dengan rekan-rekan kerja Anda, mungkin saja Anda tidak akan bertemu mereka lagi setelah pindah ke kantor baru.

5. Berbicara dengan Bagian Sumberdaya
Mungkin pembicaraan dengan bagian sumberdaya di hari terakhir seperti ini tidak biasa dilakukan di beberapa perusahaan, tapi jika tidak ada mintalah waktu kepada mereka untuk meluangkan waktu berbicara dengan Anda.

Ini umumnya waktu terakhir di mana bagian sumberdaya memberikan Anda beberapa surat terakhir, masalah asuransi dan meminta masukan dari Anda mengenai lingkungan kerja yang akan Anda tinggalkan ini. Kuncinya disini adalah jujur, tapi juga mencoba untuk sepositif mungkin, Jika memang kantor tidak baik, Anda tidak perlu berpura-pura kondisinya baik, tapi cobalah untuk memberikan masukan yang membangun bagi perusahaan ini dan Anda tidak perlu takut jika masukan ini masuk kepada mantan atasan Anda.

6. Persiapkan Kepergian Anda
Jika Anda ingin menjaga reputasi Anda tetap pada jalurnya, Anda pasti ingin memastikan kalau tidak seorangpun dari rekan kerja atau klien yang masih menggantung. Jadi, gantilah pesan di mesin penjawab kalau Anda sudah tidak bekerja di perusahaan ini dan siapa pengganti Anda. Juga buat jawaban email otomatis dengan kalimat yang sama.

Setelah itu, kirimkan email perpisahan ke semua orang dan biarkan mereka tahu siapa yang harus dihubungi sebagai pengganti Anda dan kemana mereka bisa menghubungi Anda. Lakukan yang salam perpisahan yang lebih personal kepada tim Anda, rekan kerja, penyelia, dan atasan Anda. Ucapkan terimakasih untuk semua kesempatan dan biarkan mereka tahu kalau Anda menikmati perjalanan bersama dengan mereka.

7. Rapikan Tas Anda
Hal terbaik adalah menunggu untuk mulai membereskan barang pribadi Anda sampai dengan hari berakhir, kecuali ada banyak barang yang Anda simpan dikantor. Kumpulkan kertas-kertas contoh kerja, foto dan barang pribadi Anda. Lalu kembalikan kunci kantor, kartu pengenal, laptop dan semua barang milik kantor.

8. Rayakan
Tentu saja Anda harus tetap tinggal sampai jam kantor berakhir. Tapi saat semuanya selesai, Anda sudah mengucapkan selamat tinggal dan menyelesaikan semua proses transisi, berarti semua selesai. Jika Anda ingin merayakan hari terakhir ini dengan rekan-rekan kerja maka lakukanlah. Hari terakhir bisa jadi merupakan langkah awal bagi Anda.


DEWI RETNO

0 comments:

Posting Komentar