Home » , , , , » Beli Kepiting Segar, Harus yang Masih Hidup

Beli Kepiting Segar, Harus yang Masih Hidup

HAI Chef, Saya Jenar (27), saya masih suka bingung kalau membeli kepiting di supermarket karena saya masih sering menemukan kepiting yang ditaruh di atas serutan es dan ada yang di dalam aquarium.

Sebenarnya, mana yang lebih baik saya harus beli? lalu jenis kepiting mana yang harus saya pilih agar mendapatkan daging kepiting yang enak untuk dikonsumsi?
Jenar - Kudus

Jawab:
Untuk membeli kepiting di pasar tradisional maupun di supermarket, Anda harus membeli kepiting yang masih hidup karena itu jenis kepiting yang paling bagus karena kepiting itu tidak boleh dalam keadaan mati.

Selain itu kepiting yang masih segar memiliki bau yang tajam dan berbau, itu merupakan tanda salah satu memilih kepiting paling bagus, kepiting yang bagus pun mempunyai bau seperti tanah, faktor lain yang menunjukkan segarnya kepiting itu kalau ada lumpurnya, kalau di bagian bawah lumpurnya halus itu pertanda jangan dibeli kepitingnya. Kalau membeli kepiting yang ada di aquarium itu gerakannya lebih baik statis, meskipun di pasar banyak diikat, Anda tinggal ketok saja, kalau refleksnya cepat itu berarti kepitingnya sangat bagus.

Kalau Anda temukan kepiting di supermarket yang ditaruh di atas es, sebaiknya jangan dibeli karena itu menandakan tidak bagus sebab kepiting bukan seperti jenis seafood lainnya karena bila sudah mati maka akan berbahaya buat dampak kesehatan.

Sementara kalau ingin membeli kepiting, pilih kepiting Kalimatan atau kepiting dari Papua, kepiting Papua memiliki warna sedikit hitam, kadar telor tidak terlalu banyak ketimbang Kalimantan, memang dari segi taste dan kegurihannya kalau kepiting di Kalimantan agak sedikit halus, skin dan kulit halus, Papua agak kasar dan lebih besar di Papua untuk ukurannya, rasanya lebih bagus Papua.

Chef Ahmad Sambas
Resto Kepiting Asap Cendrawasih

(uky)

0 comments:

Posting Komentar