Daging Burger Buatan Sendiri, Lebih Lezat & Puas!

SELAIN roti, kunci burger lezat adalah juga daging yang padat. Beberapa langkah akan memandu Anda mengolah daging burger.

Mengolah burger sendiri di rumah? Hmmm, pasti lebih nikmat dan puas menyantapnya. Kalau kita biasa membeli daging burger sebagai pelengkapnya di swalayan, mengolah sendiri ternyata mudah saja, apalagi pengeluaran bisa lebih ditekan. Yuk, simak langkah-langkahnya!

Langkah pertama, gunakan 1¼ pon daging sapi cincang (85 persen lemak atau kurang) kemudian panaskan dengan suhu medium-tinggi. Bagi daging menjadi empat bagian lalu bentuk bola, tapi jangan terlalu lama dibentuk agar daging tidak mengeras.

Selanjutnya, ratakan bola daging dengan ketebalan sesuai ukuran roti yang akan dipakai. Rapikan pula bagian sampingnya agar sama rata secara keseluruhan. Lalu, gunakan ibu jari untuk melubangi bagian atas daging burger. Taburi bagian tersebut dengan garam dan merica.

Sementara itu, siapkanlah alat panggang dengan cara mengoleskan minyak dengan handuk kertas agar daging tidak lengket di alat panggang. Minyak yang digunakan bisa minyak zaitun, minyak kelapa, ataupun minyak kanola. Minyak jangan disemprot agar tidak memengaruhi panas bara pemanggang.

Bakar daging burger dengan bagian berlubang diletakkan di atas terlebih dahulu. Bila ingin tingkat kematangan medium, bakar sekira lima menit. Perlu diingat, tak perlu menekan daging burger saat memanggangnya, biarkan merata dengan sendirinya. Setelah lima menit, balik daging kemudian panggang bagian yang lain dalam durasi yang sama.

Untuk memeriksa kematangan daging, gunakan termometer. Suhu yang ideal sekira 68 derajat Celcius. Bila suka, Anda bisa menambahkan keju di bagian atas daging burger lalu panggang selama dua menit. Gunakan keju yang mudah meleleh agar daging burger semakin lezat. (ftr)

0 comments:

Posting Komentar