Camilan Nikmat Berbahan Jagung

HALLO, Bu Sisca. Saya Flora (28), yang ingin membiasakan makan jagung untuk mengganti kebiasaan makan nasi. Biasanya, jagung saya olah untuk sayur asem, sup, sayur lodeh, perkedel, dan bakwan jagung.

Adakah olahan lainnya yang menggunakan bahan baku jagung, terutama untuk camilan? Terima kasih atas jawaban Ibu.

Flora-Tanjung Duren

Jawab:
Dalam membuat camilan dari jagung, tak perlu bingung karena jagung sebenarnya mudah sekali diolah. Jagung bisa diolah menjadi sup, bisa juga untuk campuran kue, misalnya pancake. Apapun olahannya, semuanya tergantung kreativitas Anda.

Kalau ingin membuat camilan, jagung bisa diproses dengan dua cara, yaitu diparut dan dipipil. Bila diparut, jagung akan menjadi halus sedangkan bila dipipil, Anda harus mencabut biji jagung satu persatu yang hasilnya lebih utuh. Apapun pilihannya, pastikan tergantung selera.

Cara mengolahnya, rebus jagung hingga matang. Untuk mengetahui tingkat kematangan jagung, pegang dan cicipi. Bila sudah empuk, tandanya jagung sudah matang. Setelah direbus, pipil jagung.

Setelah itu, siapkan bawang merah iris, panaskan mentega, lalu tumis bersama jagung rebus yang telah dipipil hingga mengeluarkan aroma harum. Kemudian tambahkan garam, gula pasir, dan satu sendok teh air asem, dengan takaran sesuai selera. Camilan pun siap disantap di kala santai.

Sisca Soewitomo
Pakar Kuliner

(ftr)

0 comments:

Posting Komentar