Home » , , , » Potong Ikan Tak Perlu Pakai Sarung Tangan

Potong Ikan Tak Perlu Pakai Sarung Tangan

HAI Chef, Saya Tina (39), kami sekeluarga suka sekali dengan mengonsumsi ikan. Dalam pengolahannya saya selalu menggunakan sarung tangan karena biar terlihat lebih bersih. Hal seperti ini pun juga saya lakukan untuk memasak bahan makanan lainnya.

Saya mau menanyakan, apa yang saya lakukan untuk memasak apakah sudah benar atau belum? berpengaruh tidak pada citarasa serta aroma masakan yang saya buat terlebih aroma dari sarung tangan tersentuh langsung dengan bahan makanan yang saya buat. Terima kasih atas jawabannya.

Tina - Sumenep, Madura

Jawab:
Terima kasih atas pertanyaannya, dalam memasak ikan sebaiknya tidak usah memakai sarung tangan karena dalam proses memasak ikan dengan bahan makanan lainnya pun tentunya cukup berbeda. Bila Anda mengolah makanan tanpa memakai sarung tangan otomatis akan lebih menjiwai dari daging ikan yang akan diolah.

Selain itu, tanpa memakai sarung tangan maka dengan mudah bisa diketahui daging salmon atau daging ikan jenis lainnya bagus atau tidak karena pada saat pemotongan pun jadi lebih terasa bila tersentuh dengan tangan langsung.

Tetapi perlu diingat dalam melakukan pemotongan meskipun tidak memakai sarung tangan, tangan Anda harus selalu terlihat bersih agar sisi higienis pun tetap terjaga sehingga saat dimakan pun sisi kesehatan pun terjamin.

Proses pemotongan ikan pun jadi lebih agresif dan lebih mudah ketimbang memakai sarung tangan, memang sarung tangan untuk melindungi tangan Anda kotor tetapi bila pemakaiannya menyusahkan Anda, sebaiknya tidak usah digunakan.

Tanpa memakai sarung tangan pun maka akan mempermudah Anda bisa mengidentifikasi daging ikan apakah masih terdapat duri ikan atau tidak terlebih bila Anda melakukan pemotongan ikan dengan cara di fillet, tekstur kelembutan daging ikan pun juga akan terasa.

Dwi Irawan

Chef Sushi Resto Poke Sushi, Hotel Crown, Jakarta
(ftr)

0 comments:

Posting Komentar