Home » , , , , » Remote TV Benda Paling Kotor di Hotel

Remote TV Benda Paling Kotor di Hotel

TEMPO.CO, Jakarta - Sebuah penelitian di Amerika menunjukkan bahwa remote control televisi dan pengatur on-off pada lampu di samping tempat tidur di kamar hotel mempunyai level kontaminasi bakteri paling tinggi, bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan kamar mandi dan toilet.

Selain itu, ditemukan pula kontaminasi bakteri yang tinggi pada sapu, spons, dan barang lain yang ada di rak pembersih ruangan. Hal tersebut seharusnya menjadi perhatian sebab bisa menyebabkan terjadinya persilangan kontaminasi antar ruangan, demikian diungkapkan para peneliti dari University of Houston seperti dikutip situs Health Day edisi 17 Juni 2012.

Para ilmuwan menganalisis contoh yang dikumpulkan dari 19 permukaan di tiga kamar hotel di tiga negara bagian, Texas, Indiana, dan South Carolina. Mereka menemukan bahwa level terendah dari kontamisasi bakteri ada pada sandaran kepala di tempat tidur, batang tirai, dan pegangan pintu kamar mandi.

Namun para peneliti tidak bisa menjelaskan apakah bakteri yang ditemukan di dalam kamar hotel tersebut bisa menyebabkan penyakit atau tidak. Hanya saja, kata mereka, tingkat kontaminasi adalah indikator kebersihan yang dapat dipercaya. Ruangan yang tidak bersih menunjukkan adanya potensi risiko pada para tamu, khususnya mereka yang mempunyai sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Hasil penelitian ini dipresentasikan akhir pekan lalu pada pertemuan American Society for Microbology di San Fransisco.

"Pelaku bisnis perhotelan mempunyai kewajiban untuk memberikan lingkungan yang aman dan nyaman bagi para tamu. Saat ini, kebersihan ruangan dilakukan oleh banyak pihak dengan berbagai bendera perusahaan tanpa standar yang baku. Metode yang dilakukan untuk mengecek kebersihan hotel adalah penilaian visual," kata Katie Kirsch, mahasiswa pascasarjana di University of Houston, dalam siaran persnya. Hal tersebut, kata dia, bukan cara pengukuran sanitasi yang efektif.

Menurut Kirsch, temuan dari penelitian ini bisa membantu hotel-hotel mengembangkan cara yang lebih efektif dan efisien untuk kebersihan ruangan hotel.

Petugas kebersihan ruangan membersihkan 14 hingga 16 ruangan per delapan jam dan menghabiskan rata-rata 30 menit di setiap ruangan. "Mengidentifikasi item berisiko tinggi di dalam kamar hotel akan membantu manajer dari petugas kebersihan untuk mendesain cara membersihkan yang strategis dan mengalokasikan waktu secara efisien demi menurunkan risiko masalah kesehatan potensial yang disebabkan oleh kontaminasi mikroba di dalam kamar hotel,"€ kata Krisch.
HEALTH DAY | ARBA'IYAH SATRIANI

0 comments:

Posting Komentar