Trik agar Daun Pepaya Tidak Pahit Saat Dimakan

detail berita

HALLO Chef, saya Rifa (27). Di dekat rumah saya banyak pohon pepaya, yang kerap saya olah daunnya untuk dibuat pecel. Sebenarnya, bagaimana cara mengurangi rasa pahit daun pepaya? Terima kasih atas jawabannya

Rifa-Brebes, Jawa Tengah

Jawab:
Daun pepaya memang identik memiliki rasa pahit karena kadar getah dalam batang pohon pepaya terlalu tinggi. Untuk menghilangkan rasa pahit daun pepaya, caranya mudah saja.

Anda tinggal merebus daun pepaya dengan tambahan daun singkong. Tak perlu berlebihan agar aroma serta citarasa daun singkong tidak mendominasi. Perbandingannya adalah dua banding satu.

Sebelum diberi daun singkong, daun pepaya harus direbus terlebih dahulu. Bila sudah setengah matang, barulah masukkan daun singkong, namun bila daun pepaya sudah tua maka dibutuhkan waktu lebih lama dalam perebusannya.

Proses perebusan, caranya didihkan air lalu masukkan daun pepaya. Meskipun rasa pahitnya tetap ada, rasa getirnya sudah hilang. Bila sudah matang, daun singkong tidak usah dipisahkan, biarkan saja menyatu dengan daun pepaya karena bila sudah matang, maka bentuk serta teksturnya akan sama.

Untuk mengetahui tingkat kematangan daun pepaya, pegang saja. Kemudian bila sudah matang, tiriskan dan setelah tidak terdapat air, peras daun pepaya. Selanjutnya, daun pepaya bisa dirajang dengan ukuran sesuai kebutuhan dan diolah sesuai selera.

Purbo Wahyono
Executive Chef Hotel Century Park
(ftr)

0 comments:

Posting Komentar