Home » , , , , » Empal Gentong Nikmat, Perlu Dimasak 4 Jam

Empal Gentong Nikmat, Perlu Dimasak 4 Jam

Johan Sompotan - Okezone
detail berita
(Foto:komunikan)
MASAKAN Indonesia terkenal dengan pemakaian banyak bumbu dan rempah-rempah. Kuliner Nusantara juga tersohor dengan pengolahan lama, salah satunya empal gentong.

"Kalau mau buat empal gentong, Anda harus sabar karena proses memasaknya cukup lama, bisa sampai empat jam. Itu waktu minimal, lebih lama akan semakin bagus," jelas Chef Ronald, Chef Hotel InterContinental Jakarta MidPlaza kepada okezone saat ditemui di Hotel InterContinental Jakarta MidPlaza di Jalan Sudirman, Jakarta, belum lama ini.

Empat jam adalah waktu yang dibutuhkan untuk merebus daging, babat, dan usus sapi hingga empuk bersama rempah-rempah. Sisihkan daging yang telah empuk. Proses selanjutnya adalah menyiapkan bumbu-bumbu yang diperlukan, terdiri atas bumbu kuning (kunyit, kemiri, bawang putih, bawang merah, ketumbar, dan garam) dan bumbu putih (kemiri, bawang putih, bawang merah, dan garam).

Proses memasaknya, seperti dijelaskan Chef Ronald, daging, babat, dan usus sapi ditumis bersama kedua bumbu yang telah dihaluskan. Masukkan daun salam, daun jeruk, dan serai keprek, aduk sebentar lalu beri air atau kaldu sesuai pilihan. Gunakan suhu api kecil selama memasak. Terakhir, masukkan santan dengan daging, babat, dan usus sapi dikeluarkan terlebih dahulu dari panci. Hidangkan empal gentong dengan bawang goreng.

"Santannya jangan dituang pada saat masih ada daging dan babat karena itu akan berpengaruh pada cita rasanya. Fungsi santan di sini hanya untuk memberikan rasa gurih pada kuahnya, bukan pada daging dan babat," tutupnya.
(ftr)

0 comments:

Posting Komentar