Home » , , , » Bakso Malang President & Kuah Kaldu Segarnya

Bakso Malang President & Kuah Kaldu Segarnya

detail berita

JIKA Anda mendengar kata Malang, pasti yang pertama kali terlintas adalah bakso malang, selain buah apelnya. Malang, Jawa Timur, mempunyai pilihan kuliner bakso dengan cita rasa alami bernama Bakso Malang President.

Bicara nama unik ini, ternyata warung Bakso Malang President berada tepat di belakang Bioskop Presiden yang sekarang telah berubah menjadi mal ternama di Kota Malang, Jawa Timur. Tepatnya 1977, warung makan ini mulai buka. Bahkan menurut pemilik Bakso Malang President, Abdul Gomis Sugito, kuliner berkuah olahannya kini semakin terkenal.

"Bakso Malang President, kalau Anda mencicipi kuahnya, terasa kuah dari kaldu sapinya karena kami memakai tulang sapi," tuturnya kepada Okezone usai pembukaan Festival Kuliner Rakyat Indofood di Museum Arsip Nasional, Jakarta, baru-baru ini.

Dijelaskannya, selain kekuatan cita rasa dari kuahnya, kelezatan Bakso Malang President juga mengandalkan teknik pengolahan tradisional. Meskipun, diakuinya, sudah banyak peralatan canggih untuk mengolah bakso malang.

"Di sini kita tetap mempertahankan tradisional. Memang, kita akui kalau pakai alat zaman sekarang, bakso malang dengan bisa cepat dibuat, tetapi bagi kami cita rasanya tetap kurang enak. Masak secara tradisional, misalnya, kita menggiling daging sampai halus memakai talenan atau alas kayu dengan besi persegi untuk membuat bakso malangnya," paparnya.

Demi mengutamakan kelezatan, Sugito juga lebih memilih daging sapi bagian paha. Menurutnya, bagian ini memiliki ketebalan daging yang paling baik dibanding bagian lainnya, apalagi Bakso Malang President juga meminimalkan pemakaian tepung.

Bakso Malang Presiden tersedia dengan beberapa variasi, seperti bakso udang, keripik bakso, tahu bakso, mi kuning, dan lainnya seharga Rp15 ribu per porsi. Untuk bisa menikmatinya, bertandang saja ke Jalan Batahari, Telaket, Malang, Jawa Timur.
(ftr)

0 comments:

Posting Komentar