Home » , , , , » Kepiting Kukus Lebih Enak Ketimbang Rebus

Kepiting Kukus Lebih Enak Ketimbang Rebus

HELLO Chef, saya Dina (32), kami sekeluarga gemar sekali menyantap kepiting, namun kadang bingung mengolahnya. Bagaimana proses memasaknya? Apakah mengolah kepiting dengan cara direbus itu sudah cukup baik? Terima kasih jawabannya, Chef.
Dina-Cileungsi

Jawab: 
Mengolah kepiting bisa dibilang susah-susah gampang. Dua poin memasak kepiting yang utama, adalah kepiting harus segar alias hidup dan kepiting jangan direbus.

Kalau Anda mengolah kepiting dengan metode perebusan, maka aroma serta juicy-nya akan hilang. Dan saat diangkat, kepiting tidak lagi memiliki aroma sedap.

Gantilah metode rebus dengan kukus yang memungkinkan aroma kepiting tetap wangi, dagingnya pun tidak lembek. Apalagi, mengolah seafood sebaiknya dijaga daging tidak lembek.

Untuk proses pengukusan diawali dari mencuci bersih kepiting dari lumpur yang menempel. Sementara itu, rebus air pada kondisi setengah mendidih lalu masukkan beberapa potong jahe. Saat air mendidih, masukkan daun bawang, letakkan pembatas pada tempatnya, baru kemudian masukkan kepiting. Kukus kepiting cukup dua menit.

Untuk penggunaan jahe, cukup dikeprek saja. Bila diiris, aroma jahe akan semakin tajam sehingga aroma kepiting akan terkalahkan. Sementara, pemakaian daun bawang bertujuan membuat kepiting memiliki aroma wangi.

Untuk pemakaian air, satu ekor kepiting cukup diberikan 350 ml air dan 25 gram jahe. Setelah dikukus, barulah kepiting diolah dengan cara digoreng dengan suhu api tinggi kemudian diberi bumbu sesuai selera. Selamat memasak!

Chef Ahmad Sambas
Resto Kepiting Asap Cendrawasih


(ftr)

0 comments:

Poskan Komentar