Home » , , , , » Tersentak Pedasnya Kepiting Lada Hitam

Tersentak Pedasnya Kepiting Lada Hitam

detail berita

INGIN merasakan sensasi menyantap kepiting lada hitam? Anda bisa mencobanya di Restoran Kepiting Asap Cendrawasih, yang pedasnya akan menyentak hingga ke tenggorokan.

Kepiting lada hitam yang dibuat dengan proses alami ini mampu menggugah selera, apalagi kepitingnya cukup besar. Chef Ahmad Sambas dari Resto Kepiting Asap Cendrawasih mengatakan kepiting yang digunakan adalah jenis kepiting kenari yang didatangkan langsung dari dua daerah di Indonesia, yaitu Kalimantan dan Papua.

Untuk mengolahnya, tentu saja kepiting harus dikukus terlebih dahulu. "Proses pembuatannya paling lama 25 menit, diolah dengan suhu api kecil," katanya kepada Okezone ketika ditemui di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Setelah dikukus, barulah membuat saus lada hitamnya. Caranya dengan mencampurkan black soy sauce dengan tomato sauce serta beberapa rempah-rempah lainnya. "Lada hitamnya ditumis dahulu bersama mentega hingga mengeluarkan aroma harum, tetapi memakai api kecil. Kemudian, masukkan black soy sauce yang sudah dicampur dengan saus tomat. Setelah itu, masukkan beberapa bumbu rempah-rempahnya," paparnya.

Kemudian, dijelaskannya lagi, untuk kepiting sebaiknya tidak diolah bersamaan dengan bumbu agar cita rasa kepiting tidak hilang. "Kepitingnya diolah secara terpisah bukan dicampur. Selain rasa jadi hancur, proses pengolahannya pun juga cukup sulit," tutupnya. (ftr)

0 comments:

Posting Komentar